Sunday, December 9, 2007

Kurangi penggunaan bandwidth AS/400 MIMIX dengan WAAS

Salah satu aplikasi AS/400 (sekarang namanya menjadi IBM system i) yang sangat populer di dunia perbankan adalah Mimix (untuk replikasi jurnal dan data).

Aplikasi Mimix ini memakan bandwidth yang cukup significant. Tergantung besar transaksi yang ingin direplikasi di lokasi remote, Mimix bisa memakan bandwidth antara 2 Mbps sampai 200 Mbps.... Bayangkan betapa mahal sewa jaringan per-bulannya hanya untuk Mimix.

Tentu saja bandwidth Mimix bisa dikurangi, tetapi akibatnya prosesnya menjadi lebih lambat (artinya Bank bisa terlambat buka keesokannya, atau harus dibantu dengan pengiriman tape-tape reel...)

Cisco WAAS
Cisco memiliki solusi WAAS (Wide Area Application Services) yang bisa digunakan untuk mereduksi bandwidth yang digunakan Mimix ini. Bandwidth yang berkurang cukup banyak, di dalam prakteknya bisa sampai 1/5nya (kalau di dalam lab sih bisa sampai 1/100x). Artinya kalau tadinya bandwidth yang dihabiskan Mimix adalah 8 Mbps, dengan dipakainya WAAS maka bandwidth sekarang menjadi kurang dari 2 Mbps.

Mimix dan QoS
Satu keunggulan WAAS ini adalah traffic Mimix tetap dikenali sbg Mimix oleh semua router yang berada di antara AS/400 tadi, sehingga semua mekanisme QoS bisa tetap bekerja dengan optimal. Artinya link Mimix tadi bisa dipakai berbarengan dengan VoIP atau ATM ataupun yang lainnya (tidak harus dedicated untuk Mimix).

WAAS dan SONA
Penggunaan WAAS ini sesuai dengan framework SONA (Service Oriented Network Architecture), di mana dalam framework ini WAAS dimasukkan ke dalam kategori "Application Delivery".

No comments: