Saturday, December 15, 2007

[History] Cisco Systems, awal mulanya

Legenda ini saya dapatkan sejak saya mulai berkarir di Cisco tahun 1995 dari teman-teman, para pioneer yang bekerja di San Jose langsung....

Alkisah pada tahun 1980-an sepasang suami istri, keduanya peneliti pada Stanford University, dihadapkan pada suatu persoalan teknis. Ada banyak komputer di Stanford yang harus dipelihara. Pada saat itu komputer-komputernya saling terpisah, dan proses pemeliharaan menjadi sulit (dan bikin capek, karena orang musti kesana-kemari bawa2 tape reel).

Pasutri yang namanya adalah Len Bosack and Sandy Lerner itu kemudian membuat suatu perangkat yang bisa digunakan untuk saling menyambungkan semua komputer di Stanford, sehingga proses pemeliharaan komputer menjadi gampang sekali.

Pada tahun 1984 John Morgridge, seorang salesman, melihat peluang bisnis yang besar. John melihat bahwa perangkat tersebut kalau dijual bakalan laku. Akhirnya John bersama kedua suami istri tadi berencana membuat suatu perusahaan saja khusus jualan perangkat tadi.

Cisco & Golden Gate
Pada saat John nyetir menuju Sacramento untuk mendaftarkan perusahaan barunya (yang belum punya nama), John melewati jembatan Golden Gate..... Tiba-tiba, tuing, sebuah nama pop-up di kepala John (sekarang rambutnya tinggal dikit), "Cisco" penggalan dari San Fran-CISCO, dengan simbol gambar jembatan Golden Gate.


Gambar di atas adalah router pertama Cisco, yang namanya IGS+. Sebuah perangkat yang telah mengubah wajah dunia menjadi seperti sekarang ini.

Multiprotocol Router
Sekedar informasi, Cisco bukanlah pencipta IP router pertama, melainkan pencipta router MULTIPROTOCOL pertama yang bisa menyambungkan semua jenis komputer dari berbagai macam pabrikan.

2 comments:

endoch said...

wah baru tau nih cerita sebenernya..

kalo cerita pasangan suami istri itu udah denger...tapi darimana nama Cisco itu berasal..ada yang bilang dari kertas perusahaannya kesobek hahahha..

ini si john, apa yang jadi ceo sekarang? atau udah beda john lagi ya.

waks..baru tau tuh gambar router pertamanya Cisco :)

Tony Seno Hartono said...

John Morgridge adalah CEO Cisco yang pertama. Sedangkan John Chambers adalah CEO Cisco yang kedua.

John Chambers orangnya visioner, dan yang berhasil membesarkan Cisco sampai sekarang ini.

Sewaktu saya join Cisco th 1995, John Chambers itu baru saja jadi CEO. Dan satu hobinya yang masih berkelanjutan sampai sekarang adalah akuisisi perusahaan, rata2 sebulan satu - sehingga menimbulkan trend di Silicon Valley, untuk orang2 membuat perusahaan kecil yang membuat barang2 futuristik supaya nanti dibeli Cisco.

Kesimpulan sementara : Kalau tertarik mau jadi CEO Cisco, ganti nama jadi John, misalnya John Endoch hehehe