Sunday, December 9, 2007

Sistem Transportasi (sangat) Terpadu

Saya pikir akan sangat menyenangkan kalau kita memiliki suatu sistem transportasi yang terpadu berlaku di seluruh Indonesia untuk :
  • bus dalam dan luar kota, baik bus umum maupun tour
  • kereta api dalam dan luar kota, listrik maupun diesel
  • pesawat terbang dari berbagai maskapai
  • ferry dan kapal laut
  • taxi, limusin, ojek....
Eh muncul ide lagi, sekalian saja digabung dengan :
  • hotel reservation
  • tempat penitipan bagasi
  • tempat penitipan mobil/kendaraan
  • penyewaan mobil
  • kartu kredit (visa/master/bca card...)
Enaknya apa ?
Dengan teknologi yang kita punya sekarang, kita bisa membuat sebuah portal di Internet untuk mengakses semua fasilitas tadi di atas. Karena semuanya terintegrasi, seandainya kita akan bepergian (ke manapun), maka kita bisa melakukan yang berikut ini :
  1. masuk ke portal di internet, tempat tujuan kita ada di mana (misalnya mau liburan)
  2. setelah ketemu, mau perginya kapan, budgetnya seberapa, dst.... Situs portal tersebut akan memberikan pilihan hotel2 & metode transportasi yang paling baik
  3. Kalau OK, maka tinggal masukkan pembayaran menggunakan kartu kredit (atau kartu debit)
  4. Kita akan mendapatkan e-ticket yang valid untuk multiple transportation media (seperti ojek, taxi, bus, KA, pesawat, sampai ke tujuan)
  5. Seandainya kita memilih nyetir sendiri, e-ticket tadi juga valid utk mendapatkan parkir gratis di tempat penitipan mobil
  6. Seandainya kita bawa barang banyak, kita juga bisa titipkan barang kita ke tempat penitipan barang dg gratis (pake e-ticket tadi)
Bagaimana hal tersebut bisa mungkin terjadi ?
Saya tidak melihat bahwa hal tersebut tidak mungkin. Untuk teknologi sekarang ini, hambatan hanya pada masalah policy (dan pembagian rejeki) dari masing2 bagian yang terkait. Selain itu juga hambatan untuk membuatkan suatu lahan parkir yang cukup, dan ruangan yang aman untuk tempat penitipan barang.

Dari sisi teknologi IT dan Jaringan, seandainya seluruh database dikonsolidasikan ke dalam suatu data center yang terpusat (atau paling tidak saling terhubung secara sistem), maka semua itu bisa kita lakukan.

Pembangunan sistem data center terpusat seperti itu juga sebenarnya tidak perlu mahal dan canggih2 amat. Karena kita cuma memerlukan beberapa tempat (untuk menyimpan perangkat komputer dll) serta jaringan komunikasi (misal lewat MPLS VPN). Untuk sistem komputernya sendiri kita bisa bangun dari komputer berbasis PC/Server/Blade Server yang murah, dan menggunakan Open Source Software (seperti linux & aplikasinya).

Sekarang tinggal masalah non-teknisnya (misal pembagian rejekinya bagaimana...).... nah kalau itu sih di luar IT/Networking technology :-P

No comments: