Wednesday, March 12, 2008

DOCSIS

DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specifications) adalah standar internasional yang dikembangkan oleh CableLabs dan beberapa mitranya (seperti ARRIS, BigBand Networks, Broadcom, Cisco, Conexant, Correlant, Intel, Motorola, Netgear, Terayon, and Texas Instruments), dan digunakan sebagai standar pengiriman data kecepatan tinggi melalui sistem TV Kabel.

DOCSIS menggunakan infrastruktur HFC (Hybrid Fiber Coax).

DOCSIS terdiri dari beberapa versi :
  • DOCSIS 1.0 diterbitkan pada bulan Maret 1997, 38Mbps/9Mbps (downstream/upstream). DOCSIS 1.0 memperbolehkan one way stream (downstream) lewat kabel coax dan upstream lewat kabel telepon (POTS)
  • DOCSIS 1.1 diterbitkan pada April 1999 dengan penambahan QoS. DOCSIS 1.1 mengharuskan HFC mensupport two ways untuk downstream & upstream
  • DOCSIS 2.0 diterbitkan pada Desember 2001 dengan penambahan kecepatan upstream & downstream, dan IPv6, 38Mbps/27Mbps
  • DOCSIS 3.0 diterbitkan pada Agustus 2006 dengan penambahan kecepatan yang lebih tinggi lagi, 152-304Mbps/108Mbps
Sistem Kabel TV Amerika dan Eropa berbeda, oleh karena itu standar DOCSIS disesuaikan menjadi EuroDOCSIS untuk digunakan di Eropa. Perbedaannya terutama pada bandwidth channel TVnya. Sistem TV kabel Eropa menggunakan PAL dan memiliki bandwidth 8 MHz, sementara Amerika Utara menggunakan NTSC dengan 6 MHz. Dengan sendirinya arsitektur EuroDOCSIS memiliki kecepatan yang lebih tinggi untuk downstream data pathnya.

DOCSIS ini implementasinya pada line card CMTS (Cable Modem Termination System) Cisco uBR series. Contoh2 line card MC28U, MC16U, MC28X, and MC16X , broadband processing engine

No comments: