Sunday, March 1, 2009

User Experience yang mempengaruhi Produktivitas

Pekerjaan saya yang utama adalah membuat konsep-konsep terobosan yang bisa diterapkan di sektor publik. Pada umumnya konsep selalu diawali dengan satu visi seperti “meningkatkan kualitas pendidikan” atau “menambah lapangan pekerjaan”.

Untuk menggali semua ide yang tersembunyi di kepala dan menuangkannya ke atas kertas, saya menggunakan mind map. Metode mind map ini hanya memerlukan selembar kertas yang berukuran besar (misalnya ukuran A3) dan beberapa buah pulpen berwarna.

Kita cukup menulis visi/ide awal di tengah-tengah kertas, setelah itu berkonsentrasilah terhadap ide ini. Pikirkan semua yang kira-kira ada kaitannya, dan tulis semua ide-ide yang keluar dengan cepat di sekitar ide awal.

Jika suatu saat anda mengalami kemacetan ide, cobalah untuk mencari hubungan satu ide dengan yang lain dengan coret2an garis/lingkaran yang berwarna lain.

Kalau ide kembali bermunculan, maka cepat2lah tulis kembali.

Demikian seterusnya sampai anda puas.

Setelah anda rasa cukup, sekarang gunakan teknologi untuk merapihkan coret2an anda tadi.

Aplikasi komputer untuk mind map sangat ampuh untuk ini. Dua aplikasi mind map terbaik menurut saya saat ini adalah FreeMind (gratis dan open source) dan MindJet (berbayar).

Berikut ini adalah sedikit perbandingan dan komentar saya terhadap kedua aplikasi ini.

Saya memulai mind mapping menggunakan ide yang sama, yaitu mengenai “meningkatkan sumber daya pedesaan”.

Namun ternyata pengalaman saya menggunakan kedua aplikasi tersebut membawa hasil yang berbeda !

Di bawah ini adalah hasil akhir konsep saya menggunakan Freemind :

image

Sementara yang berikut ini adalah dari MindJet :

image

Meski diawali dengan konsep dan keinginan yang sama, ternyata MindJet sanggup membawa saya begitu jauh mengeksplorasi mind map saya sehingga akhirnya berkembang menjadi suatu konsep yang lebih besar, utuh, dan lengkap. Mulai dari visi sampai perencanaan implementasi. Sehingga sangat mudah untuk saya untuk menulis proposal bisnis yang hebat berdasarkan hasil dari MindJet ini.

FreeMind merupakan aplikasi Free Open Source yang sangat baik, namun MindJet memberikan pengalaman berkomputer yang lebih baik lagi. MindJet mampu berintegrasi dengan sangat baik dengan Microsoft Office, dan ternyata ini adalah kunci dari semua kenikmatan dan fleksibilitas dalam mengembangkan ide.

MindJet juga memiliki kemampuan untuk melakukan presentasi secara interaktif dengan audience. Suatu hal yang juga tidak dimiliki oleh FreeMind…

Kesimpulan

Aplikasi yang baik (meskipun terlihat mahal karena musti bayar) bisa menggali seluruh potensi tersembunyi kita dan membawa kita ke tingkat produktivitas yang sangat tinggi. Sementara aplikasi gratis yang belum terpoles, seringkali nampak serupa, tetapi menghasilkan hasil akhir yang berbeda…

9 comments:

Anonymous said...

tapi kadang ada aplikasi berbayar yang gak memuaskan, Pak. Contohnya Microsoft Office 2008:mac.
Harganya sama seperti versi windowsnya, tapi gak stabil. Sering tiba-tiba keluar tanpa permisi. Apalagi kalo baru ngedrag image atau equation.
.
Selain itu Microsoft Equationnya pun blur diprint, diPDF, bahkan disave dan open lagi kalo pake ekstensi .docx (bug ini udah banyak dibahas di internet dan belum diperbaiki). Equationnya pun gak bisa baca equation Office versi 2007.
.
Excelnya pun gak ada VBA. Ya, kalo yang ini dimaklumi sih karena taktik dagang. Tapi dua bug di atas tuh sangat mengganggu user experience saya sebagai orang yang banyak bekerja dengan grafik dan persamaan matematika. Sialnya lagi Office ini gak masuk Campus Agreementnya ITB -_-

Tony Seno Hartono said...

Saya tidak berpengalaman dengan Office 2008:Mac, tapi kalau di platform Microsoft Windows, Microsoft Equation (MS Office 2007) hasilnya adalah vektor dan tidak pecah sewaktu diprint laser, dan juga tidak pecah sewaktu diexport ke PDF....

Re harga, MS Office 2007 (PC) maupun yang 2008 (Mac) ada harga khusus pelajar, dan harganya sama(pilih salah satu dari kedua pilihan di bawah) :

- Student Option, US$ 18/tahun
- Student Select, US$ 47

Bisa didapatkan dari mitra Microsoft di tempat anda :) (untuk ITB silahkan hubungi Nettrain)

IMW said...

Ndak usah pakai "aplikasi gratis" ndak memuaskan lah, "iklan" banget kesannya.

FreeMind hanyalah salah satu aplikasi yg bisa digunakan utk tugas seperti ini. Di luar model "mindmap" , model ConceptMap [http://cmap.ihmc.us/], Compendium [http://projects.kmi.open.ac.uk/compendium/] yang hypermedia, malah belum ada padanannya di aplikasi berbayar.

FreeMind memiliki kelemahan kita dipaksa ber"fikir" dalam struktur tree (daripada Freemind, saya lebih suka pakai kdissert, atau FreeMind yg di"sambung" dg Wiki), utk yang semantik sekalian pakai Protege

Kualitas pencetakan persamaan matrematika, LaTeX yang gratis belum bisa disamai oleh MS Office (sorry Tony, kalau ndak percaya tanya sendiri ama Leslie Lamport yg senior researcher di Microsoft Research)

Tony Seno Hartono said...

Hehehe P Wiryana, saya tidak mengiklankan apa2...

Saya sudah pake sebagian besar OSS yang anda sebut, tapi tidak efektif utk menggali ide2 saya. Untuk orang lain mungkin berbeda pengalamannya :)

Re LaTeX, sebenarnya masalah preference & kebiasaan, kalau anda sudah biasa dan suka sih silahkan. Tapi apakah anda tahu bahwa anda bisa menulis rumus matematika sekompleks apapun menggunakan stylus/mouse di Windows 7 ? Program ini bawaan, gratis, namanya "Math Input Panel" , saya tulis di sini : http://tonyseno.blogspot.com/2009/01/pengalaman-dengan-windows-7-beta-64-bit.html

IMW said...

Mindmap itu memiliki "konsep" yang berbeda dengan conceptmap, Mindmap akan memaksa berfikir secara "tree". Masing-masing ada keterbatasannya. Program yg bisa digunakan utk ConceptMap bisa dipakai utk Mindmap tapi tidak sebaliknya. Jujur saja saya ndak gitu yakin anda sudah coba CMap atau Protege :-) Maaf lho

Word bisa utk menulis equation tapi tidak semudah LaTeX, dan hasilnya tidak sebagus LaTeX, ini bukan masalah preferensi, tapi memang seperti itu (saya kan udah sarankan utk tanya ke Leslie Lamport di MS Research)

Utk "icip-icip" silahkan bandingkan rasanya dengan menulis rumus seperti di URL ini

http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/~pandu/LaTEX/matematik/mate-01.html

Lakukan dg Math Input Panel :-) dan print, lalu bandingkan hasilnya (kerning, ligature dsb-nya)

Utk menulis equation, Word kalah jauh dg LyX (ada juga yg for Windows koq). Mungkin yg rada menyamai Scientific Workbench.

Try to flattening the Eartg said...

beda dong, mindjet cuman dipake, freemind bisa diintegrasikan dengan aplikasi, kita bisa buat sistem mindmapper yang lebih advanced dari freemind, seperti buat sistem project management yang tiap tasknya bisa ke mindmap.

mindjet mana bisa :)

Tony Seno Hartono said...

Saya sudah bermain dg cmap di tahun 2005. Memang tool yg lebih flexible dibanding dg metode mindmap buzan (yang dipakai oleh freemind). Saya pernah develop suatu map yang sgt kompleks, tapi akhirnya tidak begitu terpakai utk saya krn sulit bacanya. Pemetaan model Tony Buzan (dipaksa supaya menjadi tree dan dipenuhi warna2 dan gambar) lebih cocok buat saya...

Kalau Protege saya belum pernah coba.

Mengenai penulisan formula di Word 2007, anda punya beberapa pilihan, mau nulis pake mouse (ini yang dipakai teman saya dosen matematika), atau nulis pakai stylus (agak ribet), keyboard juga bisa. Bisa penulisan model LaTeX atau yang lebih cepat lagi menggunakan model linier. Anda bisa baca cara penulisan yang efisien spt di sini : http://www.unicode.org/notes/tn28/UTN28-PlainTextMath-v2.pdf

Bagusnya hasil formulanya bukan bitmap, tetapi memang karakter khusus yang jika diperbesar pada saat dicetak tidak pecah.

Formula anda yang panjang itu saya coba tulis dengan Word 2007, dan nanti saya coba ulas di blog (belum sempat nih krn sibuk cari sesuap nasi)

Tony Seno Hartono said...

@Frans :
Wah boleh tuh kalau Freemind bisa dicustomize supaya lebih yahud daripada MindJet :)) -- nanti kabari saya lagi kalau sudah selesai ya :D

IMW said...

Protege sangat cocok utk mendefinisikan sesuatu dg semantic, dan property lainnya. MindMap jangan dibandingin ama dia :-)

Memaksakan ke bentuk tree memiliki permasalahan :-) kareana pada dasarnya tidak semua konsep bisa dipaksakan ke "tree".

Betul yg seperti Frans bilang, dg Freemind kita bisa "ikat" atau kustmosasi dg aplikasi lain, misal Wiki, Project Manager, dsb.

Kalau saya pakai cmap-style, utk fungsi analisis kerusakan, dan format tree ala mind-map kurang bisa digunakan karena memang semantik-nya ndak cocok