Sunday, March 2, 2008

gOS Linux


gOS merupakan satu distro Linux keturunan Ubuntu yang sangat cantik. Berbeda dengan Ubuntu yang menggunakan gnome window manager, gOS menggunakan Enlightenment 17, sebuah wm yang cukup cepat dan indah. Enlightenment begitu efisien dan fleksibel sehingga mampu meniru tampilan Mac OS X dengan sangat mirip dengan resource komputer yang serendah mungkin (cukup ok dengan Pentium III dengan 256 MB DRAM).

gOS bukanlah Google Operating System, melainkan Green OS (karena warnanya juga hijau by default). gOS mulanya didistribusikan pada PC2 murah yang dijual di Wallmart seharga US$ 199, tetapi jika anda tertarik, anda juga bisa download dan menginstallnya sendiri.

Meskipun tidak dikeluarkan oleh Google, gOS telah mendapatkan persetujuan Google sebelum direlease ke publik. Pada instalasi defaultnya, gOS langsung menampilkan semua aplikasi online Google pada layar PC anda. Sangat menyenangkan dan memudahkan bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman berkomputer dengan teknologi Web 2.0 segera.

gOS merupakan operating system default dari ultra mobile PC (sub-notebook) Everex Cloudbook yang berharga US$ 399, dan merupakan saingan berat Asus EEE PC.....


Anyway, jika anda sudah menggunakan Ubuntu 7.10 sekarang ini, gOS juga bisa diinstall di atas Ubuntu/Kubuntu/Xubuntu sebagai alternatif windows manager yang sekarang...

No comments: