Saturday, March 1, 2008

Persiapan Workshop SONA

Arsitektur SONA (Service Oriented Network Architecture) ini dapat diimplementasikan pada bermacam2 jenis perusahaan. Mulai dari Banking, Finance, Government, Transportation, sampai pada IT Division pada Service Provider (ISP, Operator, dan lain2).

Untuk mendapatkan manfaat yang sebesar2nya dari SONA ini, kita dapat memulainya dengan mengadakan workshop singkat (1 hari) tentang SONA.

Peserta yang diharapkan dapat hadir dalam workshop ini adalah :
  1. Staf Engineering - diperlukan untuk memberikan informasi tentang bagaimana keadaan jaringan saat ini. Apa masalah yang sedang dihadapi sekarang (mulai dari masalah teknis, budget, dsb), sampai pada apa yang diharapkan oleh staf Engineering ini (misalnya jam kerja lebih teratur & terencana dsb)
  2. Staf Perencanaan - diperlukan untuk mengetahui apa saja rencana jangka pendek dan panjang dari sisi jaringan
  3. Staf IT/Programmer/Aplikasi - diperlukan untuk mendapatkan input mengenai aplikasi2 apa saja yang sekarang berjalan maupun yang akan dijalankan, dan apa2 saja yang diperlukan untuk memastikan aplikasi akan berjalan dengan lancar (sumber2 jaringan sampai pada rencana perusahaan dan budget)
  4. Staf Marketing/Sales - diperlukan untuk mendapatkan input mengenai pasar yang akan digarap, dan juga bagaimana memastikan rencana tersebut bisa dijalankan dengan sukses
  5. Para pimpinan atau eksekutif - diperlukan untuk memberikan visi perusahaan, dan cara apa yang akan ditempuh untuk memastikan terwujudnya visi tersebut
Supaya acara dapat berjalan dengan lancar, maka sebaiknya session pertama adalah presentasi dan penjelasan singkat mengenai visi perusahaan, target bisnis apa yg ingin dicapai, kendala apa saja yang dihadapi (dari sisi bisnis, marketing, aplikasi, infrastruktur, resource dan lain2). Dari sini kemudian session2 berikutnya akan bergulir ...

Workshop SONA memerlukan seorang discussion lead dan satu tim teknis yang berpengalaman untuk memadukan semua informasi yang didapat dengan solusi IT dan jaringan yang ada sekarang, dan mengendalikan jalannya workshop sampai selesai.

Workshop seperti ini akan menghasilkan point2 penting dari draft cetak biru SONA. Cetak biru akan unik dan berbeda dengan perusahaan lain yang sejenis (karena perbedaan visi, implementasi, strategi, dan sebagainya).

Cetak biru ini bisa dibuat sebagai poster besar yang bisa digantungkan di dinding sebagai referensi jika ada perkembangan baru di sisi layanan kelak... Sehingga kasus "spaghetti network" tidak akan terjadi.

No comments: