Tuesday, December 25, 2007

[Future] Sepak Bola dengan Wasit Elektronik


Posisi wasit sebagai penentu layak tidaknya suatu gol mulai tergantikan dengan adanya teknologi Goal Line Technology yang dipakai Teamgeist (artinya "semangat tim") II bola berteknologi tinggi ciptaan Adidas. Teknologi yang dikandung Teamgeist ini sudah mengalami beberapa kali perbaikan, sehingga pada saat uji coba terakhir di pertandingan bola dunia FIFA di Jepang awal Desember ini berhasil dengan sangat memuaskan.

Hmmm... sebenarnya posisi wasit tidak akan menghilang, karena hasil komputasi realtime dari Teamgeist II bisa dikirimkan ke wasit melalui jam tangannya (misalnya), sehingga wasit akan dapat menentukan validitas suatu gol dengan sangat akurat.

Dengan adanya teknologi seperti ini, mungkin saja pertandingan sepak bola di masa depan tidak akan seramai sekarang. Kalau sekarang pertandingan bola sering rame (nggak keruan) karena keputusan wasit kontroversial dan rekaman video tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya para supporter saling timpuk.

Kalau anda menyukai jenis keramaian seperti itu, banyak2lah nonton bola sekarang ini sebelum semuanya menjadi computerized (dan tidak 'fun' lagi). Karena di masa depan, semua keramaian itu hanya tinggal kenangan...

1 comment:

ahmadnasikun said...

haha...mantab Pak!!
Teknologi sekarang memang semakin keren!