Monday, December 15, 2008

Bekerja dengan Operating System gratis Microsoft untuk Pendidikan

Microsoft sejak 2 bulan yang lalu mulai membagi-bagikan operating system kelas server secara gratis ke seluruh mahasiswa dan pelajar SMK di Indonesia.

Operating system ini, Windows Server 2003 atau 2008 merupakan operating system kelas server yang sangat sigap. Windows Server 2008 sangat powerful, cantik tampilannya (lihat gambar di bawah ini), dan juga ringan. Bisa berjalan dengan cepat pada komputer murah (mulai dari US$ 200) dengan processor Intel Atom 1.6GHz dengan memory 1 GB. Windows Server 2003, juga memberikan kemampuan serupa, namun tanpa tampilan Aero, dan bisa berjalan di komputer yang lebih kuno/lambat….

asuseee3d

Tampilan di atas adalah flip 3D dari Aero yang bisa diaktifkan dengan mudah. Tidak begitu berguna untuk aplikasi sehari-hari, namun merupakan demonstrasi kemampuan 3D yang luar biasa dari Windows Server 2008.

image image

Saya sendiri menggunakan Switcher yang bisa didownload di sini…  gambar di atas kiri adalah setting favorit switcher yang selalu saya gunakan setiap hari.

Btw., jika anda punya laptop atau komputer yang lebih powerful dengan dukungan x64, hardware-assisted virtualization, dan hardware data execution protection dari Intel maupun AMD, dan memory yang besar (>2GB), anda bisa bereksperimen dengan Hyper-V ! teknologi virtualisasi dari Windows Server 2008 yang memungkinkan kita menjalankan beberapa operating system dengan aplikasi yang berbeda-beda sekaligus…

4 comments:

Anonymous said...

Sayang sekali, saya bukan pelajar, sehingga tidak kuat beli windows server, maka saya beli DVD linux ubuntu yang bisa jadi server maupun desktop. Bahkan ada CD linux desktop yang dapat diubah menjadi server cukup dengan install program dari internet atau beli DVD-DVD tambahan (repository). :)

Tony Seno Hartono said...

Jika anda entrepreneur software pemula (startup), juga tersedia Operating System Windows Server berikut seluruh suite aplikasi untuk developer plus training, mentoring dll sampai sukses..... melalui program BizSpark dari Microsoft. Hanya dikenakan biaya US$ 100 untuk 3 tahun.

ccie10251 said...

Ton...Hendra (datacr***) nihh.... emang WinSer2008 lebih cepet daripada Vista? pengen nyoba2 krn ada program gratisan dari DimensionD***

Tony Seno Hartono said...

Hendra,

Ya by default Windows Server 2008 berjalan lebih cepat dan konsisten daripada Vista, menjadikan Windows Server 2008 Operating System yang ideal untuk Server maupun Workstation.

Ini blog instalasi Windows Server 2008 di laptop saya : http://tonyseno.blogspot.com/2008/07/installing-windows-server-2008.html

Dan untuk menghidupkan Aero (3D Desktop) :
http://tonyseno.blogspot.com/2008/07/menghidupkan-aero-di-windows-server.html

Sampai sekarang saya bekerja dengan Windows Server 2008 64 bit dan sangat puas dengan performancenya :)

Beberapa catatan : Anda bisa menggunakan driver (misalnya printer) Vista untuk Windows Server 2008 :)

Selamat mencoba !