Saturday, December 27, 2008

Bermain Game dengan teknologi Microsoft DirectX 10

Jika anda memiliki komputer yang sangat powerful, tidak ada salahnya kadang-kadang digunakan untuk bermain game…. Apalagi jika anda punya perangkat Audio Visual yang canggih (misalnya seperti Home Theater dengan layar besar dan suara yang surround), mungkin anda bisa tenggelam dalam dunia virtual melalui game-game canggih terkini yang mengeksploitasi audio video…

DirectX 10 dari Windows Vista

Vista merupakan platform yang luar biasa, terutama kemampuan untuk mendukung aplikasi grafis. Dan ini banyak sekali dimanfaatkan oleh para pengembang game di Windows.

Teknologi yang terbaru saat ini adalah DirectX 10.

DirectX 10 akan memberikan pengalaman yang sangat hebat pada saat bermain game. DirectX 10 akan memberikan gambar begitu nyata, sangat detail, lengkap dengan efek-efek pencahayaan, cuaca, dan sebagainya.

Microsoft DirectX sebenarnya adalah sekumpulan API (Application Programming Interfaces) untuk menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, terutama game dan video pada platform Microsoft. Teknologi DirectX 10 menggunakan model driver display terbaru di Windows Vista (atau server 2008), dengan arsitektur yang mendukung virtualisasi hardware grafis.

Beberapa contoh gambar

Di bawah ini adalah beberapa contoh screen capture dari game-game yang memanfaatkan DirectX :

Gambar di atas di ambil dari Microsoft Flight Simulator X. Coba lihat gambar awan, cahaya matahari, dan air yang begitu nyata. Anda akan merasa benar-benar sedang menerbangkan pesawat di atas lautan air.

Gambar di atas di ambil dari game Crysis yang juga menggunakan DirectX 10. Hanya teknologi ini saat ini yang mampu memberikan gambar begitu nyata, dengan teknik pencahayaan dan bayangan yang sangat realistik.

Selain itu DirectX menghadirkan api dan asap yang benar-benar hidup…

Anda akan merasa seolah-olah berada di tengah peperangan yang sebenarnya dengan teknologi DirectX ini…

Atau bisa juga anda menjadi burung yang terbang di angkasa….

4 comments:

Anonymous said...

OpenGL aja, ala World of WarCraft dah bagus...gak perlu DirectX..

Tony Seno Hartono said...

Windows Vista mendukung semua game berbasiskan DirectX maupun OpenGL dengan sama baiknya.

Pada umumnya pemilihan DirectX maupun OpenGL lebih didasarkan oleh pemilihan game dan/atau merek graphic card yang terinstall. Suatu game yang kompleks akan berjalan dengan sangat optimal (cepat & mulus) jika dijalankan menggunakan platform yang direkomendasikan (OpenGL/DirectX).

h3nr1 said...

Jadi inget masa muda dulu pak...duh sekarang anak saya yang ngerebut mulu komputer kalau lagi maen game, mereka dah pada pinter2 semua, malahan pada jago dari kita. Duh, dunia ini kok cepet banget berubah ya....

Tony Seno Hartono said...

Pak Henri, ya bener, saya tiba2 teringat game graphical pertama yang paling mengesankan untuk saya adalah Loom. Jalan di DOS....

http://en.wikipedia.org/wiki/Loom_(computer_game)

Teknologi game memang maju sangat pesat, tapi akhirnya pembuat game lebih berorientasi pada teknologinya saja, kurang fokus pada kenikmatan/kemudahan bermain (maklum orang2 seumur kita ("KITAAA???") tidak lagi cepat beradaptasi dengan kontroller2 baru yang rumit :))