Monday, December 15, 2008

Solusi Video Conferencing tanpa Sambungan Khusus

Video conferencing memakan bandwidth yang tidak kecil. Video conferencing yang seharusnya menekan biaya, di Indonesia malah mungkin menjadi mahal karena kita membutuhkan sambungan Internet atau VPN khusus untuk video conferencing.

Untuk kasus di Indonesia, di mana sambungan Internet maupun VPN khusus untuk video conferencing harganya mahal, maka solusi video conferencing berbasiskan server Intranet menjadi sangat menarik karena biayanya minimal.

Microsoft OCS (Open Communication Server) adalah sebuah server Unified Communication yang bisa digunakan untuk mengenable Video Conferencing dengan Live Meeting.

Jika anda ingin melakukan video conferencing/Live Meeting ke lokasi-lokasi di luar pulau (selama masih di Indonesia), anda hanya memerlukan sambungan internet lokal (tidak melalui gateway internasional yang kerap macet), atau anda hanya memerlukan sambungan Intranet saja (tanpa perlu berlangganan Internet).

Dengan menggunakan kamera khusus Microsoft RoundTable, kita bahkan bisa melihat setiap orang di dalam ruang meeting sekaligus. Kamera khusus ini akan menanyangkan semua orang di dalam ruangan meeting, tapi hanya orang yang sedang berbicara saja yang akan dizoom mukanya.

Nah, bagaimana jika semua orang di dalam ruangan berbicara ?

Sistem ini cukup cerdik, hanya yang bersuara paling keras saja disorot (mirip seperti meeting beneran)….

Microsoft menggunakan codec untuk suara dan video yang canggih, sehingga solusi ini bisa berjalan dengan bandwidth secukupnya dan tanpa setting QoS yang canggih (yang diperlukan oleh solusi Video Conferencing beberapa vendor hardware) :

  • Jika bandwidth cukup, kualitas video dan audio akan bagus
  • Jika bandwidth cukup+QoS bagus, kualitas video dan audio akan bagus sekali
  • Jika bandwidth tidak cukup, video akan patah2, tapi audio akan lewat dengan sedikit delay
  • Jika bandwidth memang benar2 tidak cukup (atau bermasalah), maka video/audio akan patah2, tapi kita masih bisa chat melalui Instant Messaging

Codec yang canggih ini juga memungkinkan kita untuk melakukan teleconferencing dengan cabang-cabang yang berada di luar negeri. Nah, kalau ini kita cukup membutuhkan saluran Internet dengan bandwidth secukupnya. Tidak diperlukan koneksi VPN khusus dengan bandwidh besar/QoS yang canggih…..

Solusi ini juga sangat menarik untuk penyedia konten, karena cukup dengan memasang OCS server di tempat anda, maka anda bisa segera meluncurkan layanan Video Conferencing murah meriah……

3 comments:

Novi - Live Meeting Fan^^ said...

Selain itu, bisa buat e-learning, virtual trainings. Trainings di record untuk keperluan archiving dan kegiatan yang repetitive.

Sangat mudah digunakan untuk user yang tidak IT-literate sekalipun :)

slamet said...

harganya gmn.??

Tony Seno Hartono said...

@Slamet: harga sangat kompetitif jika dibanding dengan solusi komersial lain. Silahkan hubungi sistem integrator yang menawarkan solusi ini.