Monday, December 8, 2008

Live@Edu

Banyak hal dapat dilakukan untuk membantu dunia pendidikan melalui Teknologi Informasi. Tidak perlu mahal, karena Microsoft memiliki PROGRAM GRATIS yang disebut sebagai Live@Edu.

Pendahuluan

Program ini gratis, dan memberikan layanan berbasiskan kolaborasi hosted dan co-branded, diperuntukkan untuk pelajar, alumni, dan pencari kerja. Program ini merupakan kombinasi antara layanan email gratis (melalui hotmail), aplikasi office, dan sistem untuk berkolaborasi dengan dokumen Microsoft Office.

Semua dokumen akan disimpan dengan aman di server Microsoft. Namun demikian, pengguna akan memiliki kontrol penuh seperti : membuat, menghapus, atau menyimpan alamat email yang ada.

Keuntungan lain dari Live@Edu adalah institusi pendidikan dapat menentukan nama domainnya sendiri. Bisa lebih dari satu.

Layanan ini mendukung co-branding, jadi institusi pendidikan dapat juga memasang logonya sendiri (bersama dengan logo “powered by Windows Live Hotmail”) di layar email client yang digunakan para pengguna.

Untuk penerapan skala besar, universitas bisa membeli sistem provisioning yang disebut “Identity Lifecycle Manager”, namun ini merupakan pilihan saja, karena pengaturanpun bisa dilakukan tanpa memerlukan ILM itu.

Layanan yang Diberikan

Live@Edu menyimpan data-data dengan sangat aman. Microsoft melakukan pemeriksaan keamanan melalui pihak ketiga. Pengamanan meliputi keamanan server dan jaringan, dan hanya personil tertentu yang diperbolehkan mengakses situs live.

Ukuran data yang bisa disimpan sampai 5GB termasuk data email, kontak, dan kalender.

Selain ukuran yang cukup besar, Microsoft juga memiliki komitmen untuk menjaga tingkat availability lebih dari 99.9%.

Layanan standar yang diberikan ke universitas termasuk hosted, branded email, dan seluruh layanan berbasiskan Windows Live. Contohnya, jika saya seorang mahasiswa universitas “Tunas Bangsa” dengan domain tunasbangsa.edu.id bisa memiliki email tonyseno@tunasbangsa.edu.id, dan saya bisa mendapatkan akses ke semua layanan gratis Windows Live seperti :

  • Office Live Workspace: Saat ini berbasaha Inggris, tetapi nanti akan ada bahasa-bahasa lain. http://office.microsoft.com/en-us/officelive/FX102412601033.aspx?ofcresset=1
  • Windows Live Messenger: digunakan untuk chatting menggunakan audio dan video, bisa mendukung multiuser, dan sangat bagus untuk belajar, dsb. http://get.live.com/messenger/overview.
  • Windows Live Spaces: Suatu tempat virtual yang bisa digunakan untuk saling berbagi informasi, foto, blog, dan sebagainya. Sangat bagus untuk memperkenalkan mahasiswa ke dunia kerja dengan membuat e-profiles http://get.live.com.
  • Windows Live for Mobile access to IM and e-mail: Fasilitas ini memungkinkan pelajar mengakses emailnya melalui semua jenis telpon yang mendukung web. http://mobile.live.com/GoLive. Layanan ini gratis, tetapi mungkin ada tarif data (3G/GPRS) dari operator telpon
  • Windows Live Expo: Ini tempat jual beli barang untuk setiap orang di dalam kampus dan komunitas. Kita bisa meletakkan iklan secara gratis dan mengatur siapa saja yang bisa melihatnya. Banyak yang bisa ditawarkan di sini , mulai dari pekerjaan, perumahan, atau apapun http://get.live.com 
  • Windows Live SkyDrive™: ini storage virtual berukuran 1 GB yang dilindungi password http://skydrive.live.com/
  • Access to Windows Live APIs to build your own custom apps: ini jika mahasiswa tertarik untuk bikin aplikasi sendiri http://dev.live.com/
  • Aplikasi-aplikasi baru yang masih beta : http://get.live.com/betas/home

Untuk mempermudah penjadwalan, program Live@Edu juga menyediakan manajemen kontak dan kalender (seperti iCal).

Keamanan Email

Microsoft Live@edu mengamankan data menggunakan filter spam dan virus yang canggih dengan teknologi proprietary.

Beberapa metodologi digunakan untuk menghilangkan spam, misalnya SmartScreen yang sanggup mempelajari spam berdasarkan laporan user dari inboxnya. SenderID Framework yang melindungi terhadap spoofing dengan cara mencocokkan alamat email pengirim dengan IP addressnya. Dalam prakteknya Microsoft bisa menahan sampai 95%-99% spam (teks ataupun image). Berdasarkan catatan, meski traffic spam meningkat 40% di Internet, spam Hotmail ini turun sampai 80%.

Kadang-kadang spam filter melakukan kesalahan, di mana email yang kita inginkan terjaring di dalam filter ini. Untuk itu pengguna dapat menentukan sendiri mana email yang aman dan mana yang tidak. Sistem Hotmail ini akan belajar. Selain itu pengguna dapat juga membuat aturan-aturan sendiri untuk junk mail folder, daftar email mencurigakan ataupun yang aman.

Pengguna juga bisa memberikan informasi (feedback) kepada tim layanan Windows Live, atau menandai email mana yang sampah atau juga mengatur interface di web supaya lebih baik. Lebih dari itu, jika pengguna menggunakan Microsoft Office Outlook, pengguna juga bisa memanfaatkan fasilitas proses junk mail yang canggih dari aplikasi Outlook ini.

Jika diinginkan, kita juga bisa membypass filter spam ini, misalnya untuk memberikan pengumuman dari universitas kepada seluruh pengguna. Caranya adalah dengan mendaftarkan IP address dari universitas, sehingga server universitas ini tidak akan diblock oleh filter spam. Aturan ini juga dibuat lokal, misalnya satu pelajar bisa mengirimkan email ke pelajar lain di dalam satu domain tanpa melalui filter sama sekali.

Kompatibilitas

Layanan ini bersifat interoperabel dan kompatibel terhadap semua jenis client. Misalnya mahasiswa dapat menggunakan Apple Mac atau Linux dengan browser Safari atau Firefox.

Berlaku Selamanya

Satu keuntungan luar biasa dari layanan Windows Live ini adalah layanan tetap hidup dan bisa diakses setelah mahasiswa lulus. Syaratnya kita tetap melakukan akses (log in) minimal sekali dalam 3 bulan. Namun jika lebih dari 3 bulan tidak pernah diakses, maka seluruh data akan dihapus, tapi user id untuk email tetap hidup.

What’s Next ?

Jika anda tertarik untuk mendaftar, bisa isi formulir di sini

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan pelajari Q&A ini

No comments: