Thursday, December 11, 2008

Market Capitalization

Market Capitalization adalah nilai perusahaan di mata publik. Merupakan jumlah perkalian antara nilai saham dengan jumlah saham yang beredar.

Pertama kali saya mengenal istilah ini sewaktu saya bekerja di Cisco Systems pada tahun 1995. Di mana pada saat itu setiap orang di Cisco membicarakan tentang saham.

Cisco Systems merupakan perusahaan luar biasa yang nilainya meroket seiring dengan adanya internet bubble pada tahun 2000-an, di mana saya sempat mengalami jaman di mana Cisco System berada di pucuk #1, lebih besar dari GENERAL ELECTRIC !!!

image

Terlihat di atas market cap Cisco pada awal tahun 2000-an…. seandainya saya resign dari Cisco tahun segitu, saya sudah jadi multijutawan US$ :)) (seperti teman saya dari Thailand yang keluar pada waktu yang sangat tepat, yaitu pada saat saham bernilai >US$ 80….

Yah paling tidak saya pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi raja sehari :)

Tetapi Internet Bubble telah pecah, dan Cisco Systems turut jatuh….

Iseng-iseng saya melihat market cap untuk beberapa perusahaan IT di tempat saya bekerja/pernah bekerja/sangat familar…..

  • Microsoft menduduki tempat teratas dengan US$ 185B
  • IBM tempat kedua dengan US$ 111.32B
  • Cisco Systems tempat ketiga dengan US$ 101.62B
  • Google tempat berikutnya dengan US$ 97.15B
  • Apple dibelakangnya dengan US$ 87.24B
  • SUN dengan US$ 2.87B
  • Red Hat dengan US$ 2.28B

Di bawah ini beberapa screen capture yang saya ambil pagi ini….

image

image

image

image

image 

image 

image

No comments: