Sunday, July 27, 2008

Windows Vista Melindungi Anda dan Keluarga

Jika anda memiliki anak, anda sebenarnya diberi tanggung jawab yang sangat besar untuk membesarkan dan mendidik anak-anak anda supaya kelak bisa menjadi orang yang berguna. Ada banyak cara untuk mendidik, semua terserah pertimbangan anda. Beberapa orang tua memilih cara yang keras, beberapa lagi memilih cara mengawasi anak2nya ke manapun, beberapa lagi yang lain memilih membebaskan tetapi dengan komunikasi yang teratur, dan sebagainya.

Teknologi Internet dan Komputer membawa banyak kebaikan, tetapi juga resiko tinggi untuk anak-anak (dan orang-orang yang belum dewasa) karena banyaknya situs-situs pornografi, sexual, kekerasan, anarkis, obat-obatan, narkoba, rasialisme, fanatisme, dan lain-lain yang bisa diakses siapapun – untuk orang-orang tertentu situs-situs ini bisa memancing tindakan yang tidak diinginkan.

Menurut saya (anda boleh berpendapat lain) :

  • anak-anak boleh menggunakan komputer tetapi hanya pada jam-jam tertentu saja (misalnya antara jam 5pm-8pm setiap hari senin-jumat)
  • anak-anak boleh bermain game tapi yang sesuai dengan kelompok umurnya saja (jangan main game kekerasan karena banyak anak-anak yang terpengaruh ikut melakukan kekerasan)
  • anak-anak hanya boleh menggunakan software-software edukasi saja di komputer (misalnya worldwidetelescope atau software lain – anda tentukan sendiri)
  • anak-anak hanya boleh mengakses web site tertentu saja (saya tentukan sendiri) yang ada hubungannya dengan pendidikan (misalnya wikipedia, msn.com, dll)
  • orang tua punya hak untuk mencatat penggunaan komputer di rumah untuk apa saja

Jika anda menggunakan operating system Windows Vista, maka anda bisa melakukan semua hal tadi di atas dengan fitur yang disebut “Parental Control”.

Fitur inovatif ini melebarkan konsep keamanan yang ada dikomputer.

Kebanyakan geek berpikir bahwa yang disebut keamanan di komputer adalah aman terhadap virus, malware dsb. Padahal keamanan itu sangat luas, termasuk keamanan untuk si pengguna komputer tersebut (apalagi jika si pengguna belum dewasa), dan semua efek sampingnya (misalnya pengguna yang belum dewasa menemukan situs untuk membuat bom…. maka dia bisa melakukan tindakan-tindakan yang membahayakan orang-orang di sekitarnya).

Fitur inovatif ini ditanam di operating systemnya sendiri, sehingga lebih sulit diakali (misalnya dengan mencoba-coba menggunakan web browser lain atau mencoba kutak-katik setting lain di komputer). Artinya fitur ini juga memberi kebebasan pada pengguna untuk menggunakan web browser favoritnya sendiri-sendiri (tapi jika ini diijinkan oleh Administrator).

Fitur ini juga cukup cerdas sehingga anak-anak juga tidak bisa melakukan installasi software sembarangan dari CD, atau menjalankan software yang tidak diperbolehkannya.

Dari menu START di Windows Vista, cukup ketik “Parental Controls” dan tekan enter. Kemudian anda akan bisa mulai mensetup Parental Control pada userid anak anda. Contoh di bawah ini jika anda ingin kontrol penggunaan komputer dan internet pada userid “sergio” :

image

Anda bisa mengatur apa saja yang Sergio bisa lakukan di sini. Anda bisa atur jam berapa saja Sergio bisa menggunakan komputer, permainan (game) apa saja yang bisa dimainkan, program aplikasi apa saja yang bisa digunakan, sampai penggunaan Internet (web site apa saja yang diperbolehkan, yang dilarang, atau yang mengandung kata-kata tertentu) :

image

Ini aplikasi yang disebut Family Safety yang tertanam di operating sytem Windows Vista :

image

Anda bisa tentukan aplikasi apa saja yang boleh dipergunakan :

image

Ini contoh-contoh kategori di dalam penggunaan web browser :

image

Nah, selamat menggunakan Windows Vista untuk keamanan keluarga anda !

2 comments:

Anonymous said...

Dasar.... Anda orang marketing ya,huehuehue...

Semua fasilitas ini nyontek dari Mac OS X dan Linux..

Karena anda orang microsoft, ya.. bagus2in lah tu produk busuk, :P

Implementasi? Mosok buat ngetik ma input2 doank kudu pake windows vista dengan ram minimal 512MB? Kalau perusahaan cina punya yang pedit bgt sih.. mana mungkin dia mau beli. :P

Tony Seno Hartono said...

Anonymous,

Fitur ini muncul duluan di Vista setahun sebelum available di Leopard ;)

Setahu saya, fitur ini tidak tertanam di Linux sampai sekarang. Namun anda bisa mendapatkan hal sejenis asal bisa melakukan customization -- untuk ini diperlukan UNIX skill....