Thursday, July 10, 2008

Mahasiswa Indonesia juara dunia di kompetisi Teknologi Imagine Cup 2008 Paris

I wish there had been an Imagine Cup when I was growing up. It gets people involved in seeing that software is changing the world."

--Bill Gates                        
Chairman, Microsoft Corp.

Anak-anak muda sekarang, anak-anak yang sejak lahir dalam lingkungan penuh teknologi digital, hidup dan dibesarkan dalam dunia Internet dan teknologi tinggi, memiliki kemampuan untuk bermimpi dengan cara yang sama sekali lain dengan generasi sebelumnya.

Hal inilah yang menjadi inspirasi Microsoft pada saat membuat piala imajinasi (Imagine Cup). Kerja keras dan inspirasi dapat menciptakan terobosan-terobosan baru, masa depan yang gemilang dan industri-industri baru.

Imagine Cup menjadi dorongan generasi muda untuk melampiaskan impian, semangat dan kreativitas untuk menemukan inovasi-inovasi baru dalam teknologi untuk mengubah wajah dunia.

Imagine Cup sekarang ini sudah berusia 6 tahun dan sudah menjadi arena kompetisi global (sedunia) yang bertujuan untuk menemukan inovasi baru dalam menyelesaikan masalah nyata di dunia.

Tahun ini (2008) Imagine Cup dimenangkan oleh tim dari Indonesia yang terdiri dari Dimas, Arief, Ella, dan Erga yang berasal dari ITB Bandung untuk kategori Rural Innovation Award dengan sistem desain software Butterfly.

Di bawah ini ada potongan dari koran KOMPAS :

clip_image001

clip_image001[11]

Di bawah ini ada 2 foto yang diambil onsite :

01

Tim Australia menjadi pemenang dalam kategori Software Design, dan ternyata salah satu programmernya berasal dari Indonesia :

02

clip_image002

Jadi hal ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memang tidak bisa diremehkan !

Mudah-mudahan generasi yang lebih tua di Indonesia (generasi non Digital Native tetapi pemegang kekuasaan sekarang ini) menyadari hal ini, dan mau membukakan pintu dan memberikan jalan dan kesempatan untuk majunya generasi muda kita.

2 comments:

Anonymous said...

Bravo!! Congrats for Indonesian Butterfly team. Mengharumkan nama Indonesia di kancah IT internasional, suatu prestasi yang menurut g sangat berpengaruh untuk kemajuan negeri tercinta ini. Kalau selama ini Indonesia masih dipandang sebelah mata oleh negara2 maju bahkan masuk ke black list, gara2 dikenal sebagai gudang teroris ataupun gudang carding. Tetapi dengan ini, Indonesia semakin membuktikan diri bahwa generasi kita mampu dan siap bersaing dengan negara2 lain. "Butterfly", Indonesia saat ini sedang dalam proses metamorfosa dari kepompong menjadi kupu2 yg indah, membawa warna merah putih ke seantero dunia. Maju terus IT Indonesia!!

Anonymous said...

4 Thumbs up deh buat anak2 berprestasi ini..
Thanks udah ngangkat info ini Mas, soalnya media biasanya lebih tertarik untuk mengangkat berita2 yang bombastis (biasanya menjurus ke negative or nyeleneh) instead of yang beraroma positif dan prestasi.. Bravo generasi muda Indonesia :), mudah2an bisa cepat ada perubahan di negara kita tercinta ini ya, dimana orang2 pintarnya juga bisa lebih dihargai, lebih betah dan bisa lebih berprestasi untuk negaranya sendiri... :)
-toetoet-