Monday, July 28, 2008

Windows Vista melindungi Aset Perusahaan Anda dengan BitLocker

Jika anda menjawab ya pada salah satu pertanyaan di bawah ini, anda perlu pertimbangkan Windows Vista untuk digunakan di perusahaan anda :

  • Pernahkan laptop anda dicuri orang ? Harga sebuah laptop seringkali tidak ada artinya dibanding dengan data-data perusahaan yang ada di dalamnya. Bayangkan seandainya laptop curian itu jatuh ke tangan kompetitor anda !
  • Pernahkah harddisk anda rusak kemudian diganti dengan yang baru ? Tahukan anda bahwa hard disk yang anda kira rusak sebenarnya masih bisa direpair dan dibaca isinya ? Bayangkan seandainya hard disk itu juga jatuh ke tangan kompetitor anda !
  • Meninggalkan laptop/PC anda di kantor ? Tahukah anda bahwa orang lain bisa saja melakukan booting laptop/PC anda menggunakan bootable CD lain (misalnya linux liveCD) untuk mengakses semua data anda ?

Semua kejadian tadi di atas sangat mengerikan jika kita bayangkan… Padahal kejadian-kejadian di atas sangat umum terjadi di lapangan. Untuk kasus laptop hilang mungkin cuma sedikit, tapi kalau kasus hard disk rusak, itu jauh lebih banyak ! apalagi untuk para karyawan yang kerjanya mobile, hard disk merupakan komponen yang paling sering rusak karena terguncang-guncang.

Salah satu keunggulan Windows Vista adalah Proteksi Data. Windows Vista dengan fitur yang bernama BitLocker melakukan enkripsi atas semua yang ada di dalam hard disk, mulai dari user file, file system sampai swap dan hibernation file !

BitLocker melakukan enkripsi data menggunakan hardware. BitLocker dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dari segi pengamanan data terhadap kehilangan laptop atau harddisk. Dengan BitLocker perusahaan dapat comply pada aturan keamanan dari regulator. Selain itu BitLocker juga digunakan untuk mempermudah pengalihan aset komputer untuk keperluan lain…

BitLocker menggunakan TPM (Trusted Platform Module) untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap semua data-data anda, dan juga memastikan bahwa semua data dalam keadaan baik pada saat booting di awal.

BitLocker bersifat transparan terhadap user, sehingga user tidak akan menyadari keberadaan BitLocker ini. BitLocker membutuhkan microchip dan BIOS yang kompatibel.

Sekarang kembali pada skenario di atas, tapi kali ini dengan BitLocker :

  • Laptop anda dicuri ? Pencuri boleh gigit jari karena secanggih apapun mereka, tidak akan bisa membaca data di dalam laptop anda meskipun mereka bongkar2 sampai chipnya… Semua data akan terenkripsi
  • Harddisk anda jatuh ke tangan orang lain ? Orang ini juga tidak akan bisa membaca hard disk anda, karena semuanya terenkripsi
  • Laptop/PC anda diboot orang ? Jangan kawatir, meskipun bootingnya pake Linux LiveCD, yang terlihat hanyalah volume yang encrypted…

No comments: