Sunday, July 13, 2008

Installing Windows Server 2008 Enterprise Edition on a Lenovo ThinkPad T61p

OK, jika anda termasuk ke dalam golongan orang-orang di bawah ini :

  1. Pengguna Windows XP, puas dengan performancenya tetapi jengkel karena rentan terhadap virus ?
  2. Pengguna Windows Vista, puas dengan keamanannya tapi jengkel dengan performancenya ?
  3. Pengguna Linux, puas dengan keamanannya, tapi sering perlu dengan aplikasi Microsoft Office (spt Visio, PowerPoint) ?
  4. Suka bermain dengan macam-macam operating system melalui virtual machine ?
  5. Penasaran dengan Operating Systems keluaran Microsoft yang paling baru dan ingin mencobanya ?

Saran saya cobalah Windows Server 2008.

Operating System ini dirancang untuk digunakan sebagai server, tersedia dalam versi 32 bit atau 64 bit. Windows Server 2008 ini secara binary sama dengan Vista, hanya saja dioptimalkan di sana-sini, sehingga sangat ringat dan cepat menjalankan aplikasi-aplikasi server.

Jika anda cukup iseng, anda bisa gunakan Windows Server 2008 ini untuk completely mengganti Windows Vista anda, dan anda akan dapatkan mesin yang berjalan sangat ringan dan cepat sekali ! (dan sangat aman !)

Welcome to safety & speed  !

Btw., safety/security agak berlebih2an di versi server ini, jadi sebenarnya anda bisa turunkan tingkat keamanan OS ini supaya anda tidak terganggu dalam bekerja. Menurunkan tingkat keamanan ini tidak berarti anda tidak akan terlindung…, cukup gunakan patokan di bawah ini maka anda akan aman (seaman pake Linux/Unix dkk) :

  1. Buatlah 3 user id : Administrator (jangan gunakan jika tidak benar-benar diperlukan dan anda tidak terhubung ke jaringan), PowerUser (user biasa dg privilege Admin) bisa digunakan untuk sehari-hari – anda akan dilindungi dengan UAC, dan NormalUser. Normal User ini user yang tidak bisa install apapun… – sangat aman untuk digunakan di hotspot atau semacamnya
  2. Gunakan akal sehat, jangan terima file2 executable yang anda terima dari email dsb
  3. Jangan install apapun kecuali anda benar-benar tahu sourcenya

Dengan patokan tersebut di atas, anda bisa bekerja dengan aman tanpa anti-virus…

Btw., kalau ada virus yang bisa menembus Vista/WS, maka saya akan tertarik untuk mencobanya, silahkan tulis comment di bawah…

Instalasi Windows Server 2008

Setelah sebelumnya saya bekerja dengan Linux (Ubuntu 7.04) dan aplikasi nativenya selama 1+ tahun, saya berganti ke Vista (sudah 3 bulan). Kesimpulan saya, Vista memang lebih berat, namun benar-benar memudahkan saya sebagai user. Vista sangat aman, karena tanpa antiviruspun, PC saya tidak bisa dijangkiti virus (kecuali anda install sendiri virus itu dengan mengabaikan peringatan UAC). Hanya saja saya merasa bahwa Vista terlalu banyak pernak-perniknya yang seringkali membuat CPU komputer saya naik-turun dan menghasilkan performance yang tidak predictable (spt suara putus2 dsb).

Sebenarnya saya bisa saja melakukan fine tuning pada Vista, supaya Vista berjalan dengan lebih cepat dan predictable, namun saya mencoba mengambil langkah radikal dengan cara menghapus seluruh partisi Vista OS dan menggantinya dengan Windows Server 2008.

Laptop saya adalah Lenovo T61p dengan DRAM 4GB, dan langkah-langkah installasi Windows Server 2008 di laptop ini dapat dilihat di url ini.

Kebetulan network di kantor saya sangat cepat, sehingga full installation dari network hanya memakan waktu 20 menit :))

Pengalaman saya setelah beberapa hari menjalankan Windows Server 2008 ini di laptop Lenovo T61p :

  1. Aplikasi inti saya : Microsoft Office 2007 (termasuk communicator & visio) berjalan dengan sangat baik
  2. Semua aplikasi Vista 64bit berjalan dengan sangat baik (karena sebenarnya Windows Server 2008 ini sama dengan Vista 64 bit yang diminimalkan & dikonsentrasikan untuk server)
  3. Firefox 3 (32 bit) berjalan dengan sangat baik
  4. Windows Live Writer (technical preview) berjalan dengan sangat baik
  5. Yahoo Messenger (versi 9) berjalan dengan sangat baik
  6. Microsoft WorldWideTelescope berjalan dengan sangat baik
  7. Lenovo ThinkVantage berjalan dengan sangat baik
  8. Penggunaan memory dan CPU resource sangat efisien. Untuk penggunaan biasa saja (mengetik misalnya), cpu akan bekerja di 0-1%. Untuk menggunaan yang berat (multiple window dan macam2 kegiatan) CPU dan memory akan meningkat seperlunya, dan pada saat semua pekerjaan selesai, CPU dan memory akan kembali free (tidak menggantung seperti halnya XP)

Kesimpulan

  1. Windows Server 2008 bisa digunakan sebagai operating system yang sangat aman dan cepat pada laptop
  2. Tidak semua aplikasi 32 bit bisa berjalan di Windows Server 2008 64 bit ini, jadi cek dulu semua aplikasi anda sebelum terjun ke dunia 64 bit !

No comments: