Sunday, July 20, 2008

Pentingnya Kebijakan (Policy) di dalam implementasi IT

Satu hal yang kerap dilupakan dalam implementasi IT adalah Kebijakan / Aturan. Padahal Kebijakan ini memegang peranan yang sangat penting di dalam menentukan kesuksesan implementasi IT. Kebijakan digunakan sebagai landasan semua layanan IT yang akan dibangun di atasnya. Kebijakan memastikan semua layanan dipergunakan sebagai mestinya sesuai dengan aturan dan norma yang ada.

Hal-hal yang diatur dalam kebijakan misalnya adalah : Privacy, Accessibility, Usability, Security, Standard, dan Interoperability…

Privacy

Kebijakan ini mengatur privasi dan kerahasiaan dari pemakai. Misalnya perlindungan terhadap penyadapan, spam (kiriman berita yang tidak diinginkan), dan pembocoran data-data pribadi (seperti nomor KTP, alamat rumah, nomor NPWP, dan sebagainya).

Kebijakan ini juga mengatur siapa saja yang berhak menggunakan data-data pribadi tadi dan untuk keperluan apa saja.

Accessibility

Accessibility mengatur bagaimana aset informasi dapat diakses dan dipergunakan oleh pengguna yang berhak.

Accessibility juga mengatur bagaimana informasi bisa diakses oleh orang-orang dengan limitasi tertentu, misalnya limitasi bahasa tertentu atau kemampuan fisik tertentu (tuna netra/tuna rungu/dll).

Usability

Kebijakan ini mengatur supaya informasi dapat diakses dan dipergunakan dengan mudah, dan disesuaikan dengan kebutuhan semua pemakai.

Security

Kebijakan ini mengatur keandalan sistem dari bermacam-macam bentuk serangan, dengan tetap menjaga tingkat kerahasiaan, keutuhan (integritas), ketersediaan (availability), dan data yang tetap penuh terlindung.

Standards

Kebijakan ini mengatur bagaimana data/informasi diakses dengan suatu mekanisme yang sama, terdefinisi dengan jelas, dan konsisten.

Interoperability

Kebijakan ini mengatur interkoneksi antar sistem yang berbeda untuk mempermudah kolaborasi dan penggunaan standar yang mendorong pemakaian teknologi yang sejenis.

No comments: