Wednesday, July 2, 2008

Tips membuat Target yang SMART

Jika Anda ingin merencanakan sesuatu, gunakan metode SMART. Metode SMART ini sangat baik digunakan di dalam membuat perencanaan di pekerjaan maupun hal-lain di dalam hidup ini. Dengan SMART kita akan mendapatkan hidup yang lebih mudah dan teratur :)

SMART sendiri merupakan suatu akronim yang well known :
  • Specific - suatu target janganlah terlalu umum, harus dibuat secara spesifik. Artinya jika target itu diceritakan pada orang lain, orang langsung mengerti dan dapat mengerjakannya dengan benar tanpa asumsi
  • Measurable - suatu target haruslah dapat diukur keberhasilannya secara nyata. Misalnya target dinyatakan tercapai jika kita sudah berhasil menjualnya (kalau itu barang yang dijual) dsb
  • Achievable - buatlah suatu target yang bisa dicapai dengan cukup reasonable. Pertimbangkan faktor-faktor ketergantungan dengan orang lain, ketrampilan, sumber daya, motivasi dsb
  • Result - buatlah target yang jelas untuk setiap orang, apakah itu suatu benda, atau layanan, ataukah sesuatu yang lain
  • Time - buatlah target yang jelas ukuran waktunya, spt seberapa sering musti diperiksa ulang, kapan perlu pendapat orang lain, kapan kira-kira akan selesai

No comments: