SMART sendiri merupakan suatu akronim yang well known :
- Specific - suatu target janganlah terlalu umum, harus dibuat secara spesifik. Artinya jika target itu diceritakan pada orang lain, orang langsung mengerti dan dapat mengerjakannya dengan benar tanpa asumsi
- Measurable - suatu target haruslah dapat diukur keberhasilannya secara nyata. Misalnya target dinyatakan tercapai jika kita sudah berhasil menjualnya (kalau itu barang yang dijual) dsb
- Achievable - buatlah suatu target yang bisa dicapai dengan cukup reasonable. Pertimbangkan faktor-faktor ketergantungan dengan orang lain, ketrampilan, sumber daya, motivasi dsb
- Result - buatlah target yang jelas untuk setiap orang, apakah itu suatu benda, atau layanan, ataukah sesuatu yang lain
- Time - buatlah target yang jelas ukuran waktunya, spt seberapa sering musti diperiksa ulang, kapan perlu pendapat orang lain, kapan kira-kira akan selesai
No comments:
Post a Comment