Friday, February 29, 2008

Memanfaatkan Alam Bawah Sadar : Belajar sambil Tidur

Posting ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri. Kebetulan saya bekerja di dunia IT yang sangat dinamis, dan menuntut saya untuk tetap terupdate dengan semua materi2 yang terkini. Untuk itu saya dituntut untuk selalu belajar dengan cepat.

Belajar ternyata tidak selalu harus dalam keadaan sadar. Dalam keadaan tidurpun sebenarnya kita tetap dapat menyerap pelajaran melalui indera telinga :
  • Materi pelajaran harus dibuat dalam bentuk rekaman (bisa pakai rekaman kita sendiri, atau rekaman diskusi)
  • Rekaman dimainkan secara berulang2 sebagai teman tidur
Nah silahkan anda coba dengarkan rekaman tadi sambil memejamkan mata. Perhatikan kalimat demi kalimat, dan niatkan anda akan terus mendengarkan meskipun anda nanti telah jatuh tertidur. Biasanya setelah beberapa menit, jiwa anda akan mulai melayang dan suara rekaman tadi mulai menjauh. Ini adalah saat anda memasuki alam bawah sadar. Teruskan saja tidak perlu berusaha bangun.

Anda akan rasakan sendiri nanti, begitu anda bangun sebagian besar dari rekaman tadi akan nyantol di dalam kepala !

Btw., dulu saya seringkali melakukan hal ini ketika saya belajar bahasa Inggris dan Perancis. Sewaktu belajar bahasa dengan metoda ini, sehari saya bisa mendapatkan minimum 10 kata (dan ingat sampai sekarang).... Lumayan kan, ini namanya baru belajar dengan efisien !

4 comments:

sriemylia said...

Yah...Mas Tony! kalau aku malah jadi ngga bisa tidur denger rekaman sebagai teman tidur, malah merasa di hantui he...he

Tony Seno Hartono said...

Sewaktu merasa dihantui, kamu langsung bangun apa terus aja tidur ? Lalu apa ada hasil rekaman yg melekat ? :D

sriemylia said...

Akhirnya tidur...bangun...tidur...bangun...besoknya kepalanya pusing. Emang dasar IQ jogkok ya kayanya he...he

Anonymous said...

saya panggil mas tony aja ya,
saya rahadian dan umur saya baru 17

di kelas saya ada teman g seperti itu loh mas.
dia tidur dan bangun bangun dia udh ngerti, pengen bisa kayak gitu.

makasih ya buat ilmu nya.
makasih mas.

saya jg mau pintar di bidang IT mas,
doai ya