Friday, February 15, 2008

Virtual Workspace untuk mengatasi Sick Building Syndrome

Sick Building Syndrome (SBS) merupakan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja atau tempat tinggal. SBS kebanyakan disebabkan oleh jeleknya sistem HVAC (Heating, Ventilation, dan Air Conditioning), bahan-bahan bangunan, kimia, dan lain-lain.

SBS menyebabkan gejala-gejala pusing, sakit mata/hidung/tenggorokan, batuk-batuk kering, kulit gatal, dan sebagainya.... Sounds familiar ?

Selama saya bekerja, saya perhatikan kebanyakan memang staf-staf yang banyak kerja di kantor yang sering mengalami hal seperti ini. Teman-teman yang bekerja di lapangan biasanya lebih happy dan sehat. Kalau sakit, paling enter wind (=masuk angin) saja, dan bisa dilenyapkan dengan beberapa kerikan..... hehe

Konsep Virtual Workspace (tempat kerja virtual - bisa di mana saja) sebenarnya menjadi alternatif yang sangat menarik, karena membebaskan banyak orang untuk bisa bekerja dari manapun. Staf yang bekerja di kantorpun menjadi lebih sehat, karena perbandingan ruangan dan orang menjadi besar, sehingga udara menjadi lebih bersih.

Saya sendiri sudah menerapkan Virtual Workspace ini sejak pertama kali bekerja di dunia IT pada tahun 1990. Tahun segitu internet belum ada seperti sekarang di Indonesia, tetapi virtual workspace sudah bisa diterapkan menggunakan teknologi yang ada saat itu : Radio HT. Radio HT ini menghubungkan saya ke dispatcher di kantor, dan mereka yang melakukan logging kegiatan saya, juga menghubungkan saya ke bagian-bagian lain di kantor (misalnya bagian spare part, warehouse, dan sistem telepon).

Virtual Workspace saat ini sudah amat jauh lebih maju. Sekarang ini kita bisa bekerja di manapun (di rumah, di cafe, di mall, dst) seolah-olah kita sedang berada di kantor. Hal ini memungkinkan, karena konsep ini memang membawa semua aplikasi yang kita perlukan melalui sebuah PDA/SmartPhone/laptop. Karena kita toh tidak memerlukan meja/cubicle kita yang ada di kantor. Meja/Cubicle hanya sekedar tempat duduk & menulis, yang bisa ditinggalkan dan digantikan oleh meja yang ada di rumah atau di mall...

Efek positif dari Virtual Workspace ini adalah : kita bisa bekerja dengan lebih positif, lebih berenergi, terbebas dari kebosanan, dan yang paling penting - lebih SEHAT (jasmani & rohani) !

Dilihat dari sisi perusahaan, Virtual Workspace berarti penghematan banyak, karena ruangan yang disewa untuk kantor menjadi lebih kecil, pemakaian listrik lebih sedikit, dan pengeluaran makanan kecil dan minuman di pantry juga lebih sedikit !

Ini artinya Win-Win-Win solution :
  • Employee Happy (bebas & sehat)
  • Company Happy (rendah pengeluaran, profit makin tinggi)
  • Customer Happy (karena staff lapangan akan lebih banyak spend waktu dengan customer)

No comments: