Monday, February 18, 2008

Case Study - Oversi OverCache & Cisco SCE meningkatkan kecepatan P2P sambil penurunkan penggunaan bandwidth

Sebuah internet gateway di ISP atau big enterprise biasanya hanya terdiri dari sebuah router (R) yang terhubung ke internet cloud seperti di bawah ini :
Di gambar itu terlihat bahwa seluruh pengguna jaringan menyedot bandwidth sebesar 2 Gbps dari arah internet. Suatu jumlah yang besar sekali. Harganya mahal sekali, apalagi kalau diukur dari biaya internet di Indonesia. Btw., angka yang sangat besar ini sebenarnya real diambil dari kejadian yang nyata (di mana ISP besar di Indonesia juga menyedot traffic dalam ukuran Gbps juga).

Berdasarkan hasil pengukuran (juga diambil dari sumber yang aktual), 77% dari traffic internet isinya adalah P2P. Artinya dari penggunaan link yang 2 Gbps di atas, traffic P2Pnya adalah sekitar 1.54 Gbps ! Angka yang sangat besar. Angka ini sebenarnya merupakan pemborosan yang fantastis, mengingat banyak sekali konten dari P2P yang berulang2 didownload/dishare antar sesama pemakai P2P.

Pemborosan 1.54 Gbps ini bisa ditekan habis dengan menggunakan P2P caching yang efektif. Oversi OverCache digabung dengan Cisco SCE dapat menurunkan sampai P2P traffic dengan sangat significant. Cisco SCE secara efektif bisa mendeteksi mana saja traffic P2P dan melemparkannya ke dalam Oversi OverCache.


Di sini terjadi hal-hal yang sangat menarik :
  • Cisco SCE menahan gejolak P2P di angka 200 Mbps, dan melemparkannya ke arah Oversi Overcache
  • Oversi OverCache diumpankan traffic 200 Mbps dari Internet (melalui SCE), tetapi sanggup mendeliver konten P2P antar 2 Gbps sampai 3 Gbps ke arah pengguna Internet
Dengan demikian baik ISP maupun pengguna P2P/Internet keduanya sama-sama puas. ISP menghemat banyak sekali dari penurunan traffic interkoneksi (dari 2 Gbps turun ke 200 Mbps), dan pengguna P2P/Internet juga puas karena sekarang traffic P2P & Internet menjadi lebih cepat 30% (dari 2 Gbps menjadi 3 Gbps).

Kesimpulan
Solusi Cisco SCE merupakan pelengkap Oversi OverCache supaya pemilahan traffic P2P menjadi sangat efisien. Solusi komplemen ini mengurangi traffic interkoneksi, tetapi meningkatkan local traffic

Solusi kombinasi Oversi dengan Cisco SCE adalah yang terbaik dalam penghematan bandwidth, peningkatan kecepatan, dan kepuasan user (terbukti dari hasil pengukuran aktual di beberapa ISP besar).

2 comments:

Indonesia market said...

Hi local caching the international bandwidth save lots of $$$$. let me know if more information needed on video caching
marketing@wisepacific.com

Indonesia market said...

yes local caching will save the international bandwidth. at about usd 200/mbps this is big money
ray
wise pacific