Wednesday, February 13, 2008

Portable GPS Garmin Nuvi 710

Salah satu kelemahan saya adalah menentukan orientasi. Terutama sekali disebabkan karena saya tidak terlalu menaruh perhatian pada hal-hal yang terlalu detail, seperti misalnya bentuk-bentuk bangunan apa saja yang unik pada suatu tempat...

Untungnya sekarang sudah ada teknologi GPS (Global Positioning System). Sistem GPS ini sebenarnya milik Amerika, awalnya dikembangkan untuk keperluan militer tetapi sejak tahun 1983 mulai dibuka untuk keperluan sipil juga. Sistem GPS mengandalkan satelit2 medium orbit milik Amerika yang jumlahnya lebih dari 24 buah mengitari orbit bumi. Perangkat GPS di bumi akan menerima minimal 4 signal satelit dan memperhitungkan posisinya berdasarkan signal2 yang diterima tersebut. Posisi tersebut kemudian dipetakan ke peta elektronik yang sudah tersimpan di dalam perangkat itu.
GPS memiliki tingkat ketelitian beberapa belas meter, tergantung cuaca (soalnya cuaca buruk akan mengurangi kualitas signal satelit yang diterima). GPS di Indonesia sendiri lumayan akurat, dan sangat layak untuk digunakan sebagai pemandu jalan (termasuk jalan2 'tikus'). Saat ini peta yang tersedia untuk Indonesiapun sudah cukup lengkap. Kemarin saya beli GPS Garmin Nuvi 710 dengan peta Citi Navigator Indonesia NT v2.1 (berisi peta detail Jawa-Bali) dari Otomasi.com - penjualnya juga menyertakan peta Singapore & Malaysia buatan sendiri :) ... Sangat nyaman buat saya yang sering bepergian ke Singapore :)

Pengalaman pertama menggunakan Garmin Nuvi 710 ini sangat menyenangkan. Garmin terpasang di atas dashboard mobil (ada pegangan khususnya dengan colokan listrik mobil). Saat pertama hidup Garmin membutuhkan waktu agak lama untuk menentukan koordinat awal, tetapi setelah itu Garmin bisa bekerja dengan sangat cepat dan akurat. Garmin mampu mendeteksi dan menampilkan kecepatan mobil (seperti speedometer digital) mulai dari keadaan diam, merayap, sampai ngebut (karena di dalam kota maka ngebutnya cuma 60 km/jam hehe)...

Garmin menuntun saya melalui jalan2 utama. Pada layar terlihat gambar 3D bergerak secara realtime, sehingga saya bisa melihat apa yang akan terjadi kalau saya masuk ke salah satu jalan2 kecil yang ada di sekitar. Kemarin di kemacetan jalan, saya memutuskan untuk masuk ke salah satu jalan yang belum saya kenal karena di display terlihat bahwa jalan2 tersebut nantinya akan bermuara di titik yang sama. Saya langsung belok, dan Garmin melakukan kalkulasi route baru dengan cepat dan saya segera dibimbing lagi melalui route baru tersebut.

Benar-benar menyenangkan. Paling tidak saya sekarang punya kegemaran baru mencari2 jalan yang tidak umum, atau melihat tempat2 menarik (point of interests) yang built in di Citi Navigator Garmin ini.... Saya baru sadar sekarang, ternyata ada banyak sekali tempat2 menarik di seputaran tempat saya tinggal :p

Nah, di jaman GPS ini mungkin ada baiknya juga kalau kita cantumkan koordinat kantor/rumah di kartu nama ya :D

5 comments:

Anonymous said...

Kebetulan ni saya juga lagi mau pasang Nuvi 710 di mobil. Harganya berapa? Saya lihat di www.tempatshopping.com harganya 4,4769jt, memang segitu ya?
Anda beli dimana?
Sekalian tanya, apakah tempatshopping tempat yang aman untuk belanja on-line?
Makasih ya informasinya :)
/salam

Tony Seno Hartono said...

Belinya di www.otomasi.com, saya datangi & bayar cash langsung di alamatnya (kebetulan dekat dg saya tinggal). Harga Nuvi 710 sendiri tercantum di web site tersebut kok.... (saya tidak tulis di sini krn harga bisa berubah2)

Re tempatshopping.com, saya belum pengalaman beli on-line di situ. Thx

Anonymous said...

fyi sekarang sudah ada peta garmin yang mencakup seluruh Indonesia dan gratis. coba di kunjungi http://navigasi.net/
petanya dibikin keroyokan banyak orang yang rata2 berdomisili di daerah tersebut sehinga cukup akurat :) /salam

Unknown said...

betul lebih baik beli di otomasi saya buyer dari bali tinggal search di google garmin nuvi710 muncullah otomasi cari namanya agus dana ditranfer kasi alamat pengirimin cebreetttt barang besok datang lewat tiki jne plus insurance dari yess garanty good luck brooo

rak said...

saya sering bepergian dan baru beli ini garmin cuman masih belum familiar saya pakainya