Wednesday, February 27, 2008

CCNA

Di dunia jaringan IP, sertifikasi bertaraf internasional semacam CCNA, CCNP, CCIE, dan sebagainya memegang peranan sangat penting, karena sertifikasi tersebut memastikan pemegangnya memiliki tingkatan tertentu dalam pengetahuan jaringannya.

Sertifikasi ini bahkan sering dinilai lebih daripada ijazah sarjana S1 yang dimiliki lulusan perguruan tinggi, karena sertifikasi ini selain bertaraf internasional juga sudah menjadi semacam jaminan "siap kerja" untuk pemegangnya.

CCNA (Cisco Certified Networking Associate) merupakan sertifikasi paling dasar yang memastikan seorang engineer mampu melakukan instalasi, konfigurasi, operasi, dan mencari sumber masalah pada jaringan routing dan switching berukuran sedang, termasuk memasang sambungan2 WAN (Wide Area Network).

Seorang pemegang sertifikasi ini paling sedikit dipastikan mengerti mengenai protokol2 : IP, EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol), Frame Relay, RIPv2 (Routing Information Protocol version 2), VLAN (Virtual Local Area Network), Ethernet, dan ACL (Access Control List).

Untuk mengambil sertifikasi CCNA syaratnya hanya mengambil test tertulis dari Sylvan Prometric.

Informasi lebih lengkap dapat diclick di sini.

No comments: