Monday, February 11, 2008

WiMAX

Pendahuluan
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) distandarisasikan oleh WiMAX Forum yang dibentuk Juni 2001 untuk mendukung standard IEEE 802.16 (atau dikenal juga sebagai WirelessMAN). Forum menjelaskan WiMAX sebagai "sebuah teknologi standard last mile untuk akses broadband wireless sebagai alternatif terhadap kabel dan DSL"

WiMAX sendiri asalnya bukanlah nama teknologi, tetapi lebih merupakan sertifikasi yang diberikan pada peralatan yang memenuni syarat2 yang ditentukan untuk standard2 dari IEEE 802.16. Kasus ini mirip dengan WiFi, yang sama-sama bukan teknologi melainkan sertifikasi peralatan yang memenuhi standard IEEE 802.11 working group untuk WLAN (Wireless Local Area Network). Namun demikian, nama WiFi dan WiMAX, karena jauh lebih mudah pengucapannya daripada "IEEE 802.16" atau "IEEE 802.11", sekarang sudah diadopsi menjadi nama teknologi.

Penggunaan WiMAX
WiMAX memiliki keunggulan dari sisi bandwidth yang besar dan jarak yang jauh, sehingga memungkinkan banyak aplikasi seperti :
  • Menghubungkan WiFi hotspots satu sama lain ke Internet
  • Alternatif broadband last mile (sambungan ke rumah2) untuk cable dan DSL
  • Layanan telekomunikasi dan data kecepatan tinggi (4G)
  • Sambungan Internet untuk business continuity plan
  • Sambungan data untuk perangkat yang bergerak
Kecepatan WiMAX
Ada anggapan yang salah bahwa WiMAX bisa memberikan kecepatan 70Mbps dengan jarak lebih dari 112 km. Anggapan-anggapan tadi sebenarnya betul sebagian. WiMAX bisa mendukung kecepatan sampai 70Mbps, dan juga bisa menempuh jarak 112 km, tetapi tidak keduanya. Pada prakteknya, WiMAX bisa memberikan 10 Mbps pada jarak 10 km dengan line of sight, tetapi pada daerah kota paling-paling hanya bisa memberikan 10 Mbps pada jarak 2 km (untuk non line of sight).

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah bandwidth WiMAX akan dipakai bersama-sama dengan banyak user pada satu sektor radio. Artinya bandwidth yang tersedia akan makin kecil jika user pada satu sektor radio makin berjubel.

Keuntungan WiMAX dibandingkan WiFi
  • WiMAX memberikan bandwidth yang simetris dengan jarak yang lebih jauh dan keamanan lebih tinggi dengan mekanisme pengacakan yang lebih kuat
  • WiMAX jauh lebih fleksibel karena mendukung non line of sight

No comments: