Friday, February 15, 2008

Dark Fiber

Apa sih yang disebut "Dark Fiber" ?

Dark Fiber adalah istilah yang umum dipakai pada komunikasi fiber optic, dan dipakai untuk merujuk pada lembaran (core) fiber optic single mode yang sudah terpasang tetapi ujung-ujungnya sama sekali belum terhubung ke perangkat apapun. Disebut "Dark" karena memang di dalam fiber optic itu sama sekali belum ada cahaya laser yang lewat.

Dark Fiber yang ada terpasang di operator2 biasanya merupakan fiber optic yang digunakan sebagai cadangan, atau persiapan ekspansi di masa depan. Dark Fiber ini juga bisa disewakan kepada siapapun yang bisa membayarnya. Harga sewanya biasanya selangit karena :
  • Biaya pemasangan (penggalian tanah) memang mahal
  • Operator takut akan disaingi oleh si penyewa Dark Fiber, karena sekali Dark Fiber ini disewa, maka si penyewa akan memiliki bandwidth yang luar biasa besar (dalam order Tbps) dan bisa dijual lagi ke penyewa-penyewa lainnya lagi
Namun demikian, jika anda cukup beruntung memiliki akses ke dark fiber ini, maka anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi lagi, karena satu pasang dark fiber sebenarnya bisa digunakan untuk melewatkan >100 berkas sinar laser yang masing-masing berkapasitas 40 Gbps (saat ini, dan masih mungkin meningkat hingga 100 Gbps sebentar lagi). Artinya secara total, sekarang kita bisa dapatkan 4 Tbps dari sepasang dark fiber ! Ini kurang lebih sama dengan 320 juta orang berbicara serentak menggunakan business quality VoIP (yang kualitasnya sama dengan telpon rumahan yang terbaik saat ini). Suatu kapasitas yang luar biasa besar, mengingat ukuran fiber optic tersebut jauh lebih kecil dari pada seutas rambut manusia !

No comments: