Wednesday, May 20, 2009

Microsoft Internet Explorer versi 8 (IE8) vs Apple Safari versi 4

Test iseng masih berlanjut untuk situs2 Indonesia : kompas.com , detik.com , bhinneka.com , dan search engine google.com dg kata kunci “IGOS” …

Gambar di bawah , sebelah kiri adalah IE8 dan kanan adalah Safari 4 pada saat loading "detik.com”…. terlihat IE8 terlebih dahulu selesai, sementara Safari 4 masih di halaman sebelumnya….

image

Kemudian setelah detik.com selesai saya kembali loading kompas.com, kembali IE8 menampilkan halaman kompas.com terlebih dahulu

image

Saya coba masuk ke bhinneka.com , lagi2 IE8 menampilkan situs bhinneka.com terlebih dahulu

image

Kemudian saya coba cari “IGOS”…. --- waaaaakkkk kali ini sama cepatnya :p

image

Ternyata Safari 4 ini lebih cepat dibanding dengan Firefox dan Chrome (semua versi beta & terakhir)… namun masih sedikit kalah cepat dibanding IE8…

Catatan : saya menggunakan Windows 7, 64 bit, build 7100 (beta)

10 comments:

GigiSehatBadanSehat said...

ohh...emangnya safari 4 nya bukan versi beta lagi ya???
oh cepetan ie 8..padahal kalo saya baca tes tentang kecepatannya lebih cepet safari 4 walopun masi beta...kadang hasil tes suka beda ama kenyataanya yach..

ie8 bisa didonlot bebas gak? atau windows nya mesti asli dulu???

Tony Seno Hartono said...

Baik IE8 maupun Safari 4 kedua2nya masih beta.... Kebetulan saya test Safari 4, bukan Safari 3, karena Safari 3 tidak berjalan dg baik di mesin saya (Windows 7, 64 bit)

IE8 masih menang (tipis) dibanding Safari 4 dari sisi kecepatan...

Kalau mau coba IE8, bisa didownload gratis kok, rasanya nggak ada pemeriksaan serial number windowsnya... :p

Anonymous said...

Ya.. soalnya jalannya di Windus tuh, coba kalo jalannya di mac, pasti banter yang safarinya donk.. paling enak pake Mozilla FF di linux, cepat dan yang paling penting aman dari serangan apapun....

Hidup Linux..

Mr.Ray said...

hmmm..daku masih meragukan kapasitas IE8 :p..mungkin karena fanatik sma Firefox n ga suka sma mikocok kli yah..eheheheh..
cos firefox lebih byk plugin but sayang Firefox ga bsa activex cuma IE aja yg bsa.hiks

klo mo internet banking(slah satu bank swasta) or manage antivirus web based di kntor terpaksa harus pake IE..:D

Anonymous said...

Gimana caranya anda mengklik address bar di masing-masing browser berbarengan? Saya liat di sebelah kiri IE8 sebelah kanan Safari. Kalau Mas Seno right-handed kemungkinan ngeklik IE duluan toh? lagipula setting cachenya sama ngga tuh?

Tony Seno Hartono said...

@Anonymous : Cache sudah didelete sebelumnya, window aktif di sisi non-IE, kemudian saya load non-IE pakai "ENTER" lalu dg cepat saya click IE pake mouse. Ada jeda sekitar 0.1 detik yang menguntungkan browser non-IE....

Kemudian tunggu sekian lama sampai salah satu browser mulai loading, pada saat itu saya jepret pakai screen capture...

Tapi apapun urutan clicknya, IE8 selalu lebih cepat...
Saya juga coba sebaliknya, IE diclick duluan sepersekian detik lebih cepat, hasilnya juga sama IE lebih cepat....

Anonymous said...

hmm,aneh. Aku punya IE8 dan firefox. Ngga punya Safari.
Metoda yang digunakan sama dengan Mas Seno. Hasilnya kebalikannya Mas Seno, tuh.

Tony Seno Hartono said...

@Anonymous : pake OS apa bos ? saya pake Windows 7, pengalaman saya ber-IE8 di Windows 7 ini memang beda, kenceng bgt....

Burning Zeppelin! said...

Saya pake Win XP di mesin core2duo ram 2GB. Saya ada juga WIn7 trial, tapi cuma saya pake buat liat2 environmentnya doang mas, sampe familiar sama tetek bengeknya dulu mas, baru dipake kerja.

Anonymous said...

Mo berbagi.. Kl sy sangat terkesan dgn firefox. Fungsi gado-gadonya itu lho yg ga ada yg nyamain.sy install add on foxtab (seperti safari tp lbh bgus (3d), gestures (ganti2 tab cuma tinggal seret mouse ke kiri & kanan, download tinggal seret ke bawah, dll), hide menubar (sembunyiin menubar jadi lebih luas tampilannya), personal menu, themes safari (tampang keren kaya safari),omnibar (address bar dan search bar jadi satu kaya google chrome). Web notifier (buat ngeliat status inbox email). Ada juga add on buat tetap update dgn status facebook tnp buka facebook, Top deh semua jadi satu di firefox. dan bnyak banget add on nya. tinggal pilih sesukannya. cihuyy.