Saturday, September 13, 2008

Virtualisasi

Virtualisasi merupakan bagian yang sangat penting di dalam IT sekarang. Virtualisasi memungkinan perusahaan mengantisipasi dan merespon pada tantangan-tantangan bisnis dengan cepat dan efektif. Virtualisasi mampu membuat layanan-layanan berdasarkan permintaan (on-demand).

Supaya implementasi virtualisasi di dalam perusahaan memiliki impact yang hebat, maka virtualisasi harus diimplementasikan secara menyeluruh di dalam perusahaan.

Apakah virtualisasi ?

Virtualisasi merupakan istilah yang sangat luas di dunia komputing, biasanya berhubungan dengan cara isolasi sumber komputing. Ini bisa berarti isolasi memory yang digunakan oleh satu aplikasi terhadap aplikasi lain (seperti yang dilakukan oleh Sistem Operasi). Atau bisa juga berarti isolasi terhadap keseluruhan Sistem Operasi, sehingga satu perangkat keras mesin bisa menjalankan beberapa sistem operasi yang berbeda secara bersamaan.

Virtualisasi ini sangat penting, karena lebih dari 80% perusahaan menggunakannya, dan teknologi ini merupakan trend di pasar sekarang ini.

Beberapa Jenis Virtualisasi

Di dunia ICT ada banyak jenis virtualisasi : Virtual LAN, Virtual SAN, Virtual Machine dll…. Pada dasarnya semua bisa kita buatkan virtualisasinya. Di lapisan aplikasi (dari model OSI 7 lapis) kita sendiri bisa menemukan beberapa jenis virtualisasi :

  1. Virtualisasi Server

    Virtualisasi server adalah pembagian virtual suatu perangkat komputer sehingga bisa menjalankan banyak sistem operasi pada satu saat. Teknologi ini sangat populer sekarang karena kemajuan CPU yang luar biasa telah mengakibatkan kebanyakan CPU bekerja secara under utilized. Dengan adanya virtualisasi server ini tingkat penggunaan server akan meningkat, dan dengan sendirinya jumlah server yang harus dipasang bisa dikurangi untuk menangani proses yang sama besarnya.

  2. Virtualisasi Aplikasi

    Virtualisasi aplikasi memungkinkan aplikasi dijalankan secara terpusat menggunakan layanan virtual, sehingga aplikasi ini hanya perlu dipanggil jika diperlukan, dan bisa dihapus jika sudah tidak diperlukan.

  3. Virtualisasi Presentasi

    Virtualisasi presentasi memungkinkan orang mengakses setiap aplikasi dari remote. Ini merupakan teknologi “layanan terminal” yang sangat populer.

  4. Virtualisasi Desktop

    Virtualisasi desktop menggunakan teknologi yang sama dengan virtualisasi server dan bisa menjalankan berbagai sistem operasi di dalam sebuah desktop, dan disebut sebagai VM (Virtual Machine). Salah satu aplikasi yang sangat populer saat ini untuk virtualisasi desktop adalah di mana seseorang bisa menjalankan berbagai macam jenis sistem operasi di dalam desktopnya.

1 comment:

mochamad rizal fikri said...

Akhir-akhir ini banyak software berbasis web bermunculan seiring dengan lahirnya teknologi cloud computing. Dan yang jadi pertanyaaan saya pak, apakah aplikasi berbasis web ada kaitannya dengan virtualisasi aplikasi pak?jika iya, mengapa dikatakan demikian?terima kasih untuk infonya pak, wassalam