Wednesday, September 17, 2008

Apakah Gartner Magic Quadrant ?

Tentunya anda pernah atau bahkan sering melihat atau mendengar “Gartner Magic Quadrant” ?

Di bawah ini adalah contohnya :

image

Gambar di atas diambil dari Gartner Magic Quadrant tertanggal 29 Mei 2008, yang ditulis oleh Monica Basso.

Dengan mengerti konsep dari Magic Quadrant ini, kita secara sepintas bisa mengetahui siapa market leader, siapa yang layak dipilih untuk suatu keperluan (misalnya tender tertentu di perusahaan).

Magic Quadrant pada dasarnya terdiri dari dua kriteria : ability to execute dan completeness of vision. Namun demikian merupakan rangkuman dari banyak parameter :

Ability to Execute

Ability to execute merupakan kombinasi dari beberapa hal :

  • Barang/Jasa – semua yang berhubungan dengan barang/jasa yang ditawarkan, seperti kemampuan, kualitas, fitur, keahlian, dan sebagainya
  • Tingkat Kemampuan – seperti kesehatan perusahaan, tingkat sukses, tingkat investasi, kemungkinan sukses/gagalnya suatu produk dari suatu perusahaan
  • Pemasaran/Harga – kemampuan perusahaan dalam menjalankan kegiatan pemasaran
  • Reaksi Pasar – kemampuan serap pasar
  • Eksekusi pemasaran – kemampuan perusahaan untuk publikasi, promosi, mempimpin, dan sebagainya
  • Pengalaman pelanggan – berhubungan dengan kepuasan pelanggan, dukungan, dan sebagainya
  • Operasi – kemampuan perusahaan untuk memenuhi targetnya dan komitmen

Completeness of Vision

  • Mengerti kondisi pasar – kemampuan perusahaan untuk mengetahui/mendengar apa yang diinginkan oleh pelanggan dan menterjemahkannya kepada barang/jasa
  • Strategi pasar – kemampuan perusahaan untuk berkomunikasi ke dalam dan ke luar perusahaan melalui banyak cara (spt internet, iklan, program dan sebagainya)
  • Strategi penjualan – kemampuan memperlebar pasar, meningkatkan ketrampilan, teknologi, jasa, dan jumlah pelanggan
  • Strategi menawarkan barang/jasa – kemampuan perusahaan untuk menawarkan sesuatu yang berbeda mengikuti keperluan pasar
  • Model Bisnis – filosofi perusahaan dalam menawarkan produknya
  • Strategi Industri vertikal – strategi perusahaan dalam mengarahkan sumber, ketrampilan dan penawaran untuk menjawab keperluan pasar secara vertikal
  • Inovasi – kemampuan untuk mengarahkan, menghubungkan, melengkapi, dan memperkuat sumber, tenaga ahli, atau kapital untuk keperluan investasi, konsolidasi, pertahanan, atau masa depan
  • Strategi Geografis – strategi perusahaan untuk mengarahkan semua sumber, ketrampilan, dan penawaran ke daerah tertentu di luar tempat asal melalui berbagai macam cara

Nah kalau kita kembali ke gambar di atas, gambar itu menggambarkan betapa serunya pertarungan antar vendor di daerah perangkat lunak untuk solusi Wireless E-Mail yang ditawarkan untuk pasar Enterprise.

Salah satu leader di sini adalah Microsoft, dengan posisi membuntuti Research in Motion.

Jika laporan Gartner dicermati, berikut ini adalah keunggulan Microsoft :

  • Solusi wireless email sudah termasuk di dalam Microsoft Exchange Server 2003 Service Pack 2, dan solusi keamanan yang dasar sudah termasuk tanpa biaya tambahan
  • Microsoft melisensikan protokol Exchange ActiveSync ke banyak sekali supplier PDA phone yang menjalankan Windows Mobile atau bukan (seperti HTC, Motorola, Samsung, Nokia, Sony Ericsson, Palm termasuk Apple)
  • Microsoft memiliki lebih dari 100 perjanjian kerjasama dengan banyak operator di seluruh dunia (seperti Vodafone, T-Mobile, Orange dan Cingular)
  • Microsoft tidak memerlukan kontrak tertentu untuk layanan wireless data untuk mendapatkan fasilitas wireless email dari Microsoft
  • Tingkat keamanan bisa ditingkatkan seperti solusi RIM dan Motorola Good, dengan sedikit penambahan di perangkat lunak yang ditawarkan
  • Microsoft Exchange sudah menguasai lebih dari 62% pasar email di enterprise
  • Solusi Microsoft merupakan solusi yang paling banyak ditanyakan pelanggan no 2 setelah RIM

Laporan lengkap bisa dibaca di sini….

Kesimpulan

Magic Quadrant dari Gartner sangat sederhana namun sangat berguna dalam mengambil keputusan. Dan dengan mengetahui kriteria apa saja yang diperlukan untuk membuatnya, anda juga bisa menyusun magic quadrant sendiri untuk keperluan anda, dan diberi nama sendiri, misalnya “Tony Magic Quadrant of Telco Operator in Indonesia 2008” :))

No comments: