Friday, September 12, 2008

Teknologi Pengembangan Perangkat Lunak Microsoft

Jika anda berbincang-bincang dengan pengembang Microsoft, maka akan kerap terlontar beberapa istilah yang membuat dahi berkerut. Tulisan ini mencoba menyinggung 4 teknologi di sisi client yang penting menurut Microsoft yaitu :

  • Windows Native (Win32)
  • Windows Presentation Foundation (WPF)
  • Silverlight
  • Internet Explorer 8 (IE8)

image 

Semua teknologi itu sebenarnya saling membungkus seperti kulit bawang :

image

Win32

Win32 merupakan jantung dari antarmuka pemrograman aplikasi 32 bit untuk Windows yang modern.

Win32 memungkinkan pengembang aplikasi memanfaatkan layanan dasar, lanjutan, GUI, dan sebagainya. Win32 juga menambahkan kemampuan untuk mengembangkan aplikasi Web dan Multimedia. Win32 juga membuat semua aplikasi bisa berinteraksi satu sama lain termasuk pada sistem operasi atau perangkat keras dan jaringan.

Contoh aplikasi yang dikembangkan menggunakan Win32 adalah Microsoft Virtual Earth. Plugin Win32 ditanamkan ke dalam Windows untuk menjalankan model-model 3D yang realistik seperti di bawah ini :

image 

Win32 merupakan teknologi yang paling populer dan terinstall di lebih dari 1 milyar komputer di seluruh dunia. Win32 juga paling populer di kalangan pengembang aplikasi, dan memiliki implementasi yang sangat konsisten untuk seluruh platform Windows, Web, Mobile, dan Office.

WPF

WPF (Windows Presentation Foundation) merupakan bagian dari .NET development framework yang berjalan di atas platform W32.

Aplikasi WPF dapat dijalankan di desktop atau melalui web browser. WPF memungkinkan pengembangan, desain, dan kontrol yang sangat luas pada bagian visual dari aplikasi windows. WPF dapat menyatukan banyak layanan aplikasi seperti user interface, gambar 2D dan 3D, semua jenis dokumen, tipografi, bermacam-macam jenis grafik, animasi, audio dan video.

Contoh aplikasi WPF adalah The New York Times Reader, yang dikembangkan oleh Microsoft Reader SDK yang dibangun menggunakan WPF, dan sekarang digunakan oleh The New York Times and Forbes. Microsoft Reader memberikan pengalaman membaca koran atau majalah yang alami pada komputer yang menjalankan Windows.

image

WPF memberikan pengalaman yang konsisten pada Windows, Web, Mobile, dan Office. WPF mempermudah kolaborasi antar desainer dan developer dengan XAML mark-up language, dan juga dengan dukungan ekosistem yang sangat besar.

Silverlight

Silverlight adalah plug-in yang bisa berjalan pada browser, platform, dan perangkat yang bermacam-macam, dan dipergunakan untuk memberikan pengalaman multimedia dan interaksi aplikasi web menggunakan .NET terkini.

Pada perancang dan pengembang aplikasi dapat berkolaborasi dengan lebih efektif menggunakan ketrampilan yang mereka miliki sekarang menggunakan aplikasi seperti Expression Studio dan Visual Studio untuk membuat aplikasi berbasis Web.

Contoh penggunaan Silverlight ada pada NBC Olympics Beijing 2008 yang mempertunjukkan klip-klip video rekaman pertandingan 2008.

 image

Pengembangan aplikasi Silverlight bisa menggunakan Teknik Manajemen Siklus Hidup Aplikasi (Application Lifecycle Management).

Selain itu Silverlight memanfaatkan .NET framework sehingga sangat interoperable, mudah diintegrasikan, dan mudah dibentuk sesuka hati.

Satu fitur Silverlight yang sangat powerful adalah dukungan media “Deep Zoom” yang digunakan di beberapa web site termasuk HardRock….

IE8

Internet Explorer versi 8 (IE8) merupakan versi terakhir dari browser internet keluaran Microsoft.

IS8 menyederhanakan dan mempercepat pengembangan situs web yang taat pada aturan, interoperable, dan juga memiliki fitur-fitur yang berguna untuk para pengembang. Fitur ini berbentuk toolbar Developer yang mempermudah para pengembang untuk melakukan debugging.

Salah satu contoh keunggulan IE8 adalah dukungan terhadap WebSlices. Fungsi ini memungkinkan IE8 mengikuti perubahan yang terjadi pada suatu situs, misalnya pada situs pelelangan eBay.

Beberapa keunggulan IE8 adalah tingkat keamanan, privasi, dan keandalan yang sangat baik. Selain itu penambahan fitur2 baru (WebSlices, accelerator, dan visual search), serta fungsi navigasi dan pencarian yang lebih menyenangkan.

Salah satu fungsi favorit saya di IE8 adalah zoom. Cukup menekan tombol control dan memutar roda pada mouse, maka tampilan web akan diperbesar/perkecil dengan format yang benar sehingga tetap enak dibaca… Hal ini keharusan untuk saya mengingat resolusi laptop saya mencapai 1920x1200 pixel yang membuat tulisan pada browser normal menjadi sangat rapat dan tidak nyaman untuk mata saya (yang tidak muda lagi)…

No comments: