Saturday, September 6, 2008

Nurrahman AS & Me :)

Ini contohnya betapa teknologi bisa menyatukan teman-teman yang sudah amat lama berpisah !

Teknologi Internet

Internet merupakan jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga komputer-komputer tadi dapat saling bertukar data menggunakan IP (Internet Protocol). Internet disebut juga sebagai “Jaringan dari Jaringan” yang terdiri dari jutaan jaringan private/public, akademis, bisnis, dan pemerintah yang berskala lokal sampai global. Internet memanfaatkan bermacam-macam teknologi seperti kabel-kabel tembaga, fiber optik, wireless, dan lain-lainnya.

Internet merupakan contoh paling baik dari keberhasilan kolaborasi umat manusia sampai saat ini. Lucunya meskipun Internet dibuat dengan konsep Open (terbuka), namun sebenarnya Internet terbangun dari sistem-sistem yang Proprietary. Kuncinya adalah Interoperabilitas – kapan-kapan akan saya bahas ttg Interoperabilitas ini….

Kekuatan Internet yang paling nyata sebenarnya bukan dari besarnya atau teknologinya, melainkan dari kekayaan informasi yang dikandungnya, dan dari kenyataan bahwa Internet sebenarnya adalah jaringan manusia.

Dengan Internet kita sekarang bisa berkomunikasi dengan sebagian besar orang di dunia ini secara mudah, dan murah ! Masih ingatkah anda betapa mahalnya biaya komunikasi telepon terutama internasional/interlokal sampai beberapa tahun yang lalu ? Nah sekarang ini kita bisa melakukan pembicaraan menggunakan teknologi VoIP tanpa biaya tambahan (asalkan sudah terhubung melalui suatu jaringan yang bagus).

Salah satu kemampuan yang sangat berguna dari Internet adalah “search engine”. Dengan adanya search engine seperti ini, kita bisa menemukan informasi apa saja yang terkandung di Internet.

Search engine adalah jendela kita untuk melongok ke dalam hutan belantara internet dan menemukan apa yang kita cari.

Nah inilah yang terjadi dengan teman saya -- Nurrahman sahabat saya sewaktu saya sekolah di SMA Negeri I Jambi. Namun kami berpisah di kelas II. Pada saat itu saya mengikuti orang tua pindah ke Jakarta, sementara Nurrahman tetap di Jambi.

Pada suatu hari Nurrahman teringat pada teman-temannya dulu, dan mencoba untuk mencarinya. Hal yang tertanam di benak Nurrahman adalah saya pasti bergerak di bidang teknologi karena dari dulu memang itu kegemaran saya.

Secara iseng dia cari nama saya “Tony Seno Hartono” di search engine, dan kebetulan dia langsung menemukan blog ini, dan setelah dicek umurnya sepertinya cocok ! kemudian Nurrahman kirim email yang isinya sebagai berikut :

hallo mas... masih ingat dengan saya tidak, teman sebangku mu waktu sma 1 jambi dulu, kalau tidak salah lihat, saya coba-coba lihat dan cari alamatmu ternyata dapat melalui internet... mudah-mudahan saya tidak salah.... nanti kalau benar tolong kabari ya... baru kita kontak lagi.

(nurrahman)

Teknologi Telpon & SMS

Saya benar-benar mendapat kejutan yang menyenangkan. Selama 25 tahun ini, seingat saya kami hanya pernah bicara melalui telepon sekitar 15+ tahun yang lalu, setelah itu kami benar-benar putus hubungan.

06092008041

Nah foto di atas baru tadi siang diambil – itupun secara kebetulan kami bisa bertemu, karena terbantu oleh teknologi telpon & SMS !

SMS atau disebut juga sebagai Short Message Service adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman pesan-pesan pendek melalui telpon seluler. Dengan teknologi SMS ini, kita bisa mengirim pesan ke lebih dari separuh penduduk dunia di manapun dia berada.

Saya sedang berada di Singapura ketika Nurrahman berada di Jakarta untuk suatu urusan. Dan akhirnya kami bisa bertemu di tengah2, yaitu tepat pada saat saya mendarat di Jakarta & Nurrahman mau pulang ke kotanya….

Sayang tidak ada kamera betulan, jadi kami menggunakan ponsel…. lumayan, ada gambar kenang2an meski agak kabur.

Kesimpulan

Dua teknologi di atas : Internet & Telpon/SMS adalah teknologi yang mengubah cara kita hidup…. Pernahkah anda iseng-iseng mencoba mencari teman-teman lama ? Saran saya cobalah mulai ketik nama atau informasi apapun yang kira-kira berkaitan dengan teman-teman anda itu, mudah2an anda bisa menemukannya di Internet ;)

Note

Semenjak ketemu Nurrahman ini, saya lalu mulai teringat teman2 dekat saya semasa SMA dulu di Jambi : Djong Fie Poo, dan Decky Fransvabiola (ini kayaknya nama bikin sendiri huahaha) --- Hmm, di mana mereka sekarang ya ?

No comments: