Wednesday, September 17, 2008

Cray membuat Personal Supercomputer kelas konsumer CX1 !

Pembuat supercomputer Cray baru saja mengeluarkan produk supercomputer kelas konsumer, CX1. Menggunakan Intel Xeon dan sistem operasi Windows HPC Server 2008.

CX1 menampung sampai 8 blade untuk Intel Xeon yang single/dual socket, dengan performance maksimum sampai 786 Gigaflops dan bisa terhubung dengan 4 Terra Bytes storage.

Berbeda dengan supercomputer tradisional (yang bisa menyita satu ruangan sendiri dengan pendingin khusus), supercomputer kecil ini dirancang untuk diletakkan di dalam ruangan kantor (bersama manusia :p ), oleh karena itu memiliki desain khusus supaya tetap hening, dan juga layar kecil untuk menampilkan informasi penting.

Jika anda tertarik dengan supercomputer yang menjalankan Microsoft Windows HPC Server 2008 (atau Linux) ini, anda bisa memesannya secara online seharga US$ 25,000.

Supercomputer ini meskipun kecil bisa digunakan di berbagai bidang seperti riset angkasa luar, astronomi, astrofisika, bio teknologi, kimia, ramalan cuaca, kesehatan, dan sebagainya.

Harga awal yang lumayan tinggi untuk kantong pribadi akan terus merosot, sampai pada suatu saat nanti kita bisa memilikinya semudah kita mendapatkan personal computer saat ini.

Bahkan hukum Moore yang sinonim dengan mengkerutnya ukuran komputer menjadi separuhnya setiap dua tahun, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama lagi kita bisa mendapatkan supercomputer secanggih ini dengan ukuran PDA yang bisa dikantungi ;)

1 comment:

Anonymous said...

Salah satu aplikasi super konduktor yaitu untuk amplifier/filter di dunia wireless supaya jangkauan/coverange BTS semakin jauh dan lebar.

http://www.suptech.com/tech_faq.htm

Alex