Sunday, September 14, 2008

The New York Times memperkenalkan Koran Elektronik yang Revolusioner

image

image

The New York Times bekerja sama dengan Microsoft bulan April yang lalu meluncurkan sebuah prototype koran elektronik yang disebut sebagai “Times Reader”. Koran elektronik ini memberikan pengalaman membaca seperti layaknya kita membolak-balik halaman koran biasa di layar komputer anda.

Times Reader memanfaatkan teknologi WPF (Windows Presentation Foundation), teknologi layar yang terkini dari Windows Vista. Berbeda dengan web browser, tampilan Times Reader selalu penuh di dalam window, kita tinggal bolak-balik halaman seperti majalah/koran normal. Dan berbeda dengan majalah/koran cetakan, huruf dari Times Reader, yang persis sama dengan koran aslinya, juga bisa dibesar/kecilkan sesuka kita.

Times Reader merupakan contoh bahwa perusahaan dapat menggunakan teknologi perangkat lunak untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas daripada yang ditawarkan oleh web browser biasa.

Isi Koran/Majalah yang bisa dibawa-bawa kemanapun

Isi dari Times Reader selalu diunduh secara periodik melalui web, dan setelahnya bisa dibawa-bawa kemanapun seperti layaknya koran/majalah, sehingga kita bisa membacanya di manapun kita berada : di mobil, di pesawat, dan sebagainya….

Apakah ini awal dari kematian koran kertas ? Terserah untuk anda untuk menilainya….

2 comments:

Admin TQ said...

Bukannya teknologi ini mirip dengan yg digunakan kompas.com ataupun Republika.com? Malah jauh2 hari, sudah ada Zinio.com yg menyediakan layanan semacam ini.

Tony Seno Hartono said...

Untuk mengetahui bedanya paling enak dicoba sendiri...

Secara singkat :

Koran elektronik dari The New York Times menyajikan pengalaman mirip baca buku di layar monitor. Tampilan halamannya selalu dinamis diformat secara full screen (atau full window), kita tinggal bolak-balik halaman persis majalah, tanpa perlu mouse utk scroll....