Tuesday, June 24, 2008

Pentingnya Ekosistem di dalam suatu lingkungan Bisnis IT

Anda berkecimpung di dunia IT ? Jika ingin sukses, Anda harus memikirkan lebih jauh daripada sekedar harga yang terlihat, karena di balik semua itu sistem IT sangat tergantung pada dukungan vendor dan ekosistemnya.

IT dan ekosistem menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Di dunia bisnis, selain dari pada kualitas produk, mitra bisnis di dalam ekosistem menjadi bagian yang paling penting. Ekosistem yang besar dan kuat menjadi hal yang lebih penting daripada sekedar komponen barang secara individual.

Suatu ekosistem di dalam lingkungan bisnis akan saling menguntungkan semua pihak, mulai dari vendor sampai customernya.

Suatu ekosistem terdiri dari bermacam-macam perusahaan yang ahli di dalam bidangnya.

Di bawah ini merupakan contoh satu ekosistem di dalam dunia IT yang terdiri dari bermacam-macam perusahaan yang berbeda-beda tetapi saling bekerja-sama :

Original Equipment Manufacturer (OEM) and System Builder
OEM menjual hardware (desktop/server), biasanya dengan software yang sudah terinstall. OEM merupakan perusahaan besar yang sudah punya merek. Sedangkan System Builder biasanya merupakan perusahaan lebih kecil yang menjual hardware dengan software sesuai pesanan.

System Integrator (SI)
SI bertugas mengintegrasikan bermacam-macam sistem di dalam suatu perusahaan, misalnya sistem manajemen dokumen, CRM, workflow, yang diintegrasikan dengan scanner dan sistem storage terpusat.

Reseller dan Value Add Reseller
Reseller membeli barang dari vendor dan bertugas menjual kembali ke pelanggan akhir. Reseller ini seringkali juga memiliki layanan pre dan post sales. Value Add Reseller menambahkan beberapa produk atau aplikasi tambahan yang menjadi suatu nilai tambah terhadap produk standard yang ditawarkan.

Consulting Service Firms
Perusahaan consulting ini memberikan layanan seperti strategi IT, mengembangkan bisnis, mendefinisikan solusi IT, dan bagaimana menerapkan dan proses transisinya suatu solusi kepada pelanggan. Perusahaan consulting ini memberikan juga rekomendasi atas jenis-jenis aplikasi, teknologi, dan vendor apa yang terbaik bagi pelanggannya.

Hosting Service Provider
Ini merupakan perusahaan yang menyediakan aplikasi di server service provider seperti website, database, email, atau CRM pada pelanggan-pelanggannya.

Independent Software Vendor (ISV)
ISV mengembangkan aplikasi-aplikasi software menggunakan tools dan platform dari suatu vendor. Aplikasi-aplikasi itu biasanya dibuat untuk bidang apa saja, misalnya hukum, kesehatan, dan sebagainya.

Training Provider
Ini merupakan perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan jasa training di seputar teknologi dan produk-produk IT.

Indonesia merupakan negara yang masih hijau dari sisi penerapan IT di dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang sudah mulai menyadari pentingnya penerapan IT yang baik, namun masih belum tahu apa saja yang perlu dipertimbangkan, sehingga banyak sekali orang-orang yang hanya melihat dari sisi harga barang saja. Padahal betapapun bagusnya spesifikasi suatu produk, belum tentu bisa diterapkan dengan baik dan dalam waktu yang singkat jika tidak didukung oleh suatu ekosistem yang baik.

Dengan menyadari kekuatan suatu ekosistem ini, mudah-mudahan kita menjadi lebih waspada lagi dalam memilih suatu solusi IT (atau apapun) yang lebih tepat :)

No comments: