Sunday, June 8, 2008

Belajar Astronomi mudah dan menyenangkan dengan bantuan Komputer

Tahukah kamu bahwa bumi ini sebenarnya berbentuk bundar seperti bola ? Di bawah ini terlihat gambar bumi yang diambil dari luar angkasa, di situ terlihat lautan yang berwarna biru, dan pepohonan yang berwana hijau, tanah yang berwarna coklat, dan salju yang berwarna putih :



Bumi sendiri hanya merupakah sebuah planet di tata surya kita. Tidak terhitung banyaknya planet ada di luar angkasa. Ukurannya bermacam-macam, ada yang lebih besar dan ada pula yang lebih kecil dari Bumi kita ini. Namun dari semua planet yang kita ketahui sampai sekarang, hanya Bumi yang berpenghuni (manusia, binatang, dan tumbuh2an).

Planet-planet itu ada yang besar dan permukaannya panas sekali, tertutup dengan lautan api, ada juga yang dingin tertutup dengan bebatuan atau padang pasir. Planet yang panas dan menyala-nyala tadi disebut dengan bintang. Dan sebenarnya Matahari kita adalah salah satu dari bintang yang paling dekat dengan Bumi. Ada jutaan bintang lain yang besarnya bisa jauh lebih besar dari Matahari kita.

Jadi sebenarnya langit di atas kita ini penuh dengan warna-warni. Sangat indah terlihat seandainya saja di atas kita tidak penuh dengan awan dan kabut.

Untuk melihat keindahan langit tadi kita bisa menggunakan Teropong Bintang (telescope) yang sangat kuat dan berada di tempat yang bersih dari awan. Di Indonesia sendiri kita memiliki fasilitas seperti itu di Observatorium Boscha di Kota Lembang Jawa Barat. Di Observatorium Boscha itu kita akan melihat teropong bintang dengan lensa yang sangat besar yang mengarah ke langit, dan di sana kita bisa melihat banyak planet dan gugusan bintang dengan jelas.

Namun dengan bantuan komputer, kita sebenarnya bisa melihat bintang, planet, dan benda-benda antariksa itu dengan mudah. Cukup hidupkan komputer yang terhubung ke Internet, dan masuk ke web site WorldWideTelescope.ORG ini...

Dengan melakukan sedikit instalasi, maka kita akan dapat melihat semua planet di sistem tata surya kita (yang disebut Bimasakti) dengan mudah. Kita bisa lakukan pembesaran, bahkan planet2 tersebutpun bisa diputar-putar seperti kelereng. Suatu hal yang kita tidak bisa lakukan melalui Observatorium Boscha.

Selain planet, ada lagi yang disebut sebagai Nebula. Nebula merupakan awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Dengan mengamati nebula, manusia sebenarnya sedang mengamati proses kelahiran dari suatu bintang/planet (termasuk Bumi)... Eh, jadi sebenarnya planet itu mirip dengan mahluk hidup, ada kelahiran, kehidupan, dan juga kematian.... ;)

Baik planet maupun nebula semua bisa diamati melalui teropong bintang, atau melalui WorldWideTelescope ini. Di bawah ini beberapa contoh gambar nebula yang indah :


Helix Nebula


Elephant's Trunk Nebula
(Nebula belalai gajah)


Nah, ternyata asyik sekali belajar Astronomi melalui Komputer, bukan ?

2 comments:

Anonymous said...

Wew.. kereeeeen! Jadi, ga perlu dilemparken ke luar angkasa untuk menikmati pemandangan2 indah nun jauh di sana ya? Hebat ya teknologi sekarang ini.. Tentunya mempermudah kita untuk mengenal lebih jauh mengenai bumi yg kita diami ini & sodara2nya

Anonymous said...

Bagus banget nih Mas tulisan Mas yang ini.. gambar2nya juga keren2... aku mau ah bisa liat2 ke website yang Mas inform disana...
Btw dari gambar si Helix Nobula, aku jadi inget 1 ayat di Qur'an di surat Ar Rahmaan.. :)

55. Ar Rahmaan

37. Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.

Makasih ya Mas, udah sharing this valued info... :) -Tutut-