Monday, June 16, 2008

Mengubah dokumen WORD ke format DAISY (Digital Accessible Information SYstem) Digital Talking Books

Berita ini ditujukan pada siapapun yang tertarik untuk mendengarkan daripada membaca....

Untuk sebagian besar orang, membaca lebih menyenangkan, karena kita bisa browsing, bisa berhenti setiap saat, bisa lompat ke bagian manapun dari buku (atau dokumen online), praktis (bisa dalam bentuk buku saku ataupun dokumen text yang kecil).

Untuk sebagian lain, terutama para tunanetra, atau kalangan supersibuk, membaca menjadi hambatan. Sebagian besar hambatan karena buku-buku yang tersedia sebagian besar tidak tersedia dalam bentuk rekaman suara. Kalaupun ada yang berbentuk rekaman suara (dalam kaset atau CD), buku itu akan dibaca dengan kecepatan normal yang menyulitkan kita untuk melihat index, daftar isi, atau lompat-lompat ke bagian tertentu.

DAISY (Digital Accessible Information SYstem) merupakan format standard buku digital berbicara. Format ini merupakan format dokumen XML, dan bisa dimainkan di setiap player (semacam MP3 player ukuran saku) yang mengenal format DAISY XML.

Karena DAISY adalah XML (pada dasarnya ini merupakan salah satu format text yang bisa dibaca), maka dokumen DAISY bisa dibaca, disearch, diindex dengan mudah seperti halnya dokumen biasa. Hanya bedanya dokumen dengan DAISY bisa bersuara (melalui player khusus). Kecepatan bacanya bisa diatur, bisa lambat, normal, maupun cepat.

Percaya atau tidak, kalau dilatih kita sebenarnya punya kemampuan untuk mendengarkan percakapan supercepat (misalnya 2x atau bahkan lebih). Kemampuan ini sangat menguntungkan karena kita bisa menyelesaikan membaca sebuah buku dengan cepat seperti jika kita membacanya.

Jika anda ingin mempublikasikan dokumen ke dalam format DAISY, anda bisa menggunakan Microsoft Word 2007 (kebetulan saya pakai ini) dan Save As DAISY....

Untuk mendapat fasilitas ini anda bisa melakukan yang berikut ini :
  1. Download plugin "Save as DAISY"

  2. Download DAISY pipeline

  3. Windows standard sudah memiliki suara vokal berbahasa Inggris, untuk yang berbahasa selain Inggris, download Microsoft Reader dan Microsoft TTS (Text To Speech) di web site Microsoft. Sayang yang bahasa Indonesia belum ada

  4. Sekarang Anda bisa menjumpai "Save as DAISY" di Microsoft Word Anda :) - Pertama-tama dokumen Anda save ke dalam format OpenXML (Word 2007 native format), setelah itu bisa "Save as DAISY"

  5. Install DAISY Pipeline, jalankan, dan pilih option File-Creation-Simple-Narator

  6. Voila, Anda akan mendapatkan 3 folder yang berisi buku format DAISY :) seperti contoh di bawah ini. File MP3 adalah isi buku yang tadi diubah ke format DAISY...

Nah selamat menikmati Digital Talking Books Anda :)

No comments: