Monday, June 16, 2008

Trustworthy Computing untuk kenyamanan Hidup, Bekerja, Belajar, dan Bermain

Jika Anda hidup di era seperti sekarang ini, patut sekali untuk mengetahui suatu konsep yang dicetuskan Bill Gates yang disebut Trustworthy Computing. Konsep ini, jika diikuti benar-benar, akan membuat visi Hidup, Bekerja, Belajar, dan Bermain menjadi kenyataan yang indah :)

"The digital decade is not just about any particular aspect of computing, taking enterprises, knowledge workers, and homes, and building standards that connect all of those together. They key piece in the center is trustworthy systems, systems that do what you expect on an extremely reliable basis. So in each of these areas we have new scenarios, new ways that people will be using their computers that they never did before." –Bill Gates, Microsoft Chairman and Chief Software Architect
Di masa sekarang, semakin banyak orang dan bisnis yang tergantung pada komputer. Jenis serangan ke sistem komputer sekarangpun semakin canggih dan berbahaya.

Bisnis yang tergantung pada teknologi informasi memerlukan tingkat kepercayaan pelanggan yang tinggi, untuk itu perlu paduan best practices dan juga landasan teknologi yang kuat dan terpercaya dan aman.

Salah satu pendekatan untuk mendapatkan lingkungan yang aman seperti ini adalah Trustworthy Computing, suatu kolaborasi jangka panjang untuk menciptakan lingkungan komputing yang aman, privasi terjaga, dan reliable.

Trustworthy Computing meliputi semua area Security, Privacy, Reliability, and Business Practices. Bukan sekedar teknologi saja, Trustworthy Computing juga mengandung paduan berperilaku sesuai aturan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Security
Masalah Security (keamanan) meliputi aspek teknologi dan sosial. Security yang baik memastikan semua informasi dan data tersimpan dengan aman dan terjaga kerahasiaannya. Implementasi security juga harus dibantu oleh best practice yang sudah terbukti di industri.

Privacy
Privacy merupakan komponen yang sangat penting di dalam dunia komputer yang aman. Privacy meliputi penyimpanan, penggunaan, dan pengolahan data-data yang bersifat pribadi. Privacy meliputi kemampuan suatu produk, proses bisnis, aturan perusahaan, sampai hukum dan norma yang berlaku pada setiap negara.

Secara teknologi, privacy meliputi perlindungan terhadap spyware, online fraud, dan penggunaan data-data pribadi.

Reliability
Reliability ini sebenarnya relatif. Di dunia operator telekomunikasi sering disebut bahwa suatu perangkat bersifat sangat reliabel jika memenuhi kualifikasi carrier class. Walaupun perangkat-perangkat tersebut sering mengalami masalah sehingga layanan ke pelangganpun terganggu, namun secara umum layanan operator ini sudah bisa disebut Trustworthy.

Reliability di dalam Trustworthy Computing ini juga ingin mencapai tingkatan yang sama, namun ada banyak tantangannya, terutama disebabkan oleh reliability suatu system yang sebenarnya bersifat end-to-end. Jadi satu kegagalan di dalam suatu sistem computing akan menyebabkan seluruh mata rantai juga ikut terganggu.

Untuk mencapai hal ini, diperlukan visi semacam Seamless Computing, di mana setiap perangkat harus saling berkolaborasi dengan mudah seolah-olah semuanya berada dalam satu perangkat.

Business Practices
Di luar dari teknologi, Trustworthy Computing memerlukan integritas yang terjaga dari setiap karyawan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, mitra, pemerintah, dan komunitas. Setiap karyawan harus bisa memenuhi atau melebihi standard etis, regulasi dan hukum di negara tempat beroperasi (misal Indonesia), dan itu semua tercantum di dalam Standard of Business Conduct.

No comments: