Monday, January 19, 2009

Windows 7 : Download gratis dari situs Microsoft

Jika anda tertarik mencoba Windows 7, silahkan download secara gratis dari URL ini http://www.microsoft.com/windows/windows-7/beta-download.aspx 

Anda akan diminta memilih versi 32 atau 64 bit. Jika anda memiliki mesin dengan memory <3GB silahkan pakai versi 32 bit saja, kecuali ingin bereksperimen :) Jika anda punya mesin yang memorynya > 3GB silahkan pakai versi 64 bit supaya mendapatkan keuntungan sebesar2nya dari memory yang terpasang.

Kekurangan versi 64 bit adalah jumlah driver yang ada lebih sedikit daripada versi 32 bit, terutama untuk periferal komputer yang sudah tua (sudah obsolete atau sudah tidak diproduksi lagi)…. Kalau saya sendiri menggunakan versi 64 bit, dan so far tidak ada masalah dengan printer yang ada di kantor (kebetulan vendor pembuat printernya memang menyediakan driver versi 64 bit untuk Vista).

image

Untuk mendownload Windows 7 ini, kita harus memiliki live id… Silahkan login dengan live id anda, atau buat baru.

image

Setelah itu anda akan diberi product key…. Gambar di atas adalah contoh product key untuk versi 32 bit…

image

Saya mendownload menggunakan IE8, dan IE8 memberi saya software untuk download accelerator, dan saya tinggal click-click saja kemudian Windows 7 ISO image langsung terdownload ke laptop saya. Dengan kecepatan jaringan yang saya punya, kira-kira proses download akan memakan waktu 40 menit…

Setelah ISO image sudah anda dapatkan, anda bisa langsung burn ke DVD (tinggal click kanan saja untuk OS Windows), tentunya siapkan dulu blank DVD di DVD writer anda :

image

Setelah semua selesai, itu anda tinggal reboot mesin anda, dan booting ke DVD…. (atau jika anda menjalankan operating system windows, anda bisa click ke DVD itu dan click “setup”….

Selamat mencoba !

2 comments:

ccie10251 said...

wahahahahah....gw dah d/l baek yg 64 maupun 32 bit
jalanin di VM pake VirtualB**, gak masalah jg.

ccie10251 said...

semua VM (64bit/32bit Windows7) running di Windows Vista 32-bit