Friday, January 9, 2009

Laptop yang bisa tidur dan bangun dengan cepat

Hari ini laptop saya mencapai Up Time 244 jam…. Up Time ini tidak kontinyu, karena laptop saya memang sangat mobile, dengan pemakaian bervariasi dari 5 menit sampai 12 jam seharinya…

image

Kalau dirata-ratakan laptop saya dipakai 10 jam/hari, berarti laptop ini sudah hidup hampir sebulan dengan tetap sangat stabil dan responsif…

Laptop saya menggunakan Operating System Microsoft Windows Server 2008 (64 bit). Saya dulu pernah juga menggunakan Windows Vista (32 bit atau 64 bit), dengan experience yang serupa.

Memang berbeda dengan versi windows sebelumnya, Windows Vista dan Windows Server 2008 keduanya sangat reliable meskipun sering sekali sleep dan wake up (tidur/bangun), suatu teknologi di mana operating system akan '”tidur” untuk mempercepat proses “istirahat” dan juga menghemat batere. Laptop saya masih menggunakan hard disk biasa, namun dengan menutup layar, laptop saya akan “tidur” dalam waktu sekitar 6 detik dan menyala kembali dalam 6 detik ketika layar dibuka kembali….

Kalau hard disknya jenis SSD (Solid State Disk), proses tadi akan lebih singkat lagi.

Laptop saya ini juga akan “tidur” secara otomatis jika batere mencapai titik kritis pada saat digunakan tanpa listrik. Tentunya dengan peringatan berupa bunyi “beep” sebelumnya.

Pada saat “tidur”, laptop akan mengkonsumsi batere, tetapi sangat kecil. Saya pernah membiarkan laptop saya tidur selama beberapa hari, dan baterenya tetap saja kuat untuk bekerja kembali selama beberapa jam.

Apa yang terjadi jika batere habis pada saat “tidur” ? Nah yang ini juga pernah saya coba. Pada saat batere benar2 hampir habis pada saat sedang “tidur”, maka operating system segera melakukan hybernate, dengan mengkopi isi memory ke dalam hard disk, kemudian laptop akan mati dengan sempurna. Jika laptop itu mendapat supply listrik kembali di kemudian hari, maka laptop bisa dihidupkan kembali ke posisi terakhir sebelum mati tadi.

Apakah artinya kita tidak lagi memerlukan reboot ?

Tidak, kita masih memerlukan reboot (akan memakan waktu sekitar 1 menit saja untuk mesin saya), tapi sangat jarang, karena reboot hanya diperlukan jika ada update-update tertentu (biasanya security patch) yang baru dari Microsoft…. Untuk kasus saya, paling2 updatenya beberapa minggu sekali :p

No comments: