Wednesday, January 14, 2009

OpenOffice bermasalah ?

Jika anda pengguna OpenOffice, pernahkah merasakah hal-hal seperti ini : mengapa ada bug yang belum juga beres ? mengapa user interfacenya tidak diperbaiki supaya lebih indah ? mengapa performancenya lambat ? mengapa penggunaan memorynya besar sekali ? mengapa lambat hidupnya ? mengapa ? mengapa ?

Jika iya, berarti anda tidak sendirian.

Michael Meeks, salah satu kontributor OpenOffice menulis di blognya :

“So, it should be clear that OO.o is a profoundly sick project, and worse one that doesn't appear to be improving with age.”

Kelihatannya ini disebabkan oleh beberapa masalah di Sun, selaku promotor utama dari OpenOffice :

  1. Keuangan Sun meredup, sehingga tidak lagi mampu mendanai pengembangan OpenOffice
  2. Para pendukung OpenOffice (Sun, Novell, IBM, dan lain-lainnya) perlu menyelesaikan permasalahan lisensi dan pengaturan
  3. Tidak ada yang bertanggung jawab secara jelas terhadap pengembangan OpenOffice

Satu hal yang jelas adalah Sun lebih tertarik pada MySQL atau OpenSolaris yang lebih berpotensi menghasilkan uang daripada OpenOffice.

Meeks malah mengindikasikan bahwa OpenOffice mungkin lebih baik berkembang tanpa Sun di dalamnya….

Lucu juga….

Referensi :

1 comment:

Sudirman123 said...

Hhhmmm... mungkin ada baiknya juga OpenOffice "masih bermasalah". Setidaknya Microsoft Office jadi "aman" :-) (baca : he he he...)

Semoga saja OpenOffice semakin cepat menemukan momentumnya, seperti Linux dan Java di Android nya Google. Dan jika OpenOffice bisa mendapatkannya ? Kabar buruk bagi Microsoft Office ;-) (baca : tersenyum)

Bahwa suatu pengembangan Software memerlukan kesabaran dari user, arah yang tepat bagi para developer, ..., ... ah, Pak Tony pasti lebih paham. Seperti kata peribahasa Bali "Ngajarin bebek berenang" :-) (baca : tersenyum)