Monday, January 19, 2009

Pengalaman dengan Windows 7 Beta (64 bit)

Windows 7 merupakan operating system masa depan Microsoft yang saat ini baru tersedia dalam versi beta. Dibandingkan dengan Windows Vista (atau bahkan XP), Windows 7 lebih cepat, reliable, dan memiliki user interface yang minimalis, fungsional, dan elegan.

Saya sudah sering mendengar bahwa Windows 7 berjalan dengan sangat baik di NetBook (semacam laptop mini yang harganya murah, dengan CPU dan memory yang kecil). Sayangnya saya tidak memiliki NetBook semacam itu, sehingga saya mencobanya di laptop yang saya pakai sehari-hari.

Laptop Saya Lenovo T61p, dengan 4GB memory, saya coba install Windows 7 64-bit…

Berikut ini adalah informasi dari System setelah laptop menjalankan Windows 7…

image

Windows Experience Index hanya 3.0 karena laptop ini memiliki hard disk yang relatif lambat…

image

OK, cukup mengenai informasi laptop saya. Di bawah ini adalah beberapa catatan dari saya setelah bekerja dengan Windows 7 selama beberapa hari tanpa pernah mematikan laptop (hanya sleep/wakeup saja)…

1. Sleep dan Wakeup yang Sangat Cepat

Kesan pertama saya terhadap Windows 7 ini adalah : sangat ringan, cepat, dan stabil (apalagi untuk ukuran beta). Satu hal yang paling mengesankan adalah laptop saya langsung tidur begitu layar ditutup dalam waktu 2 detik, dan begitu layar dibuka laptop langsung hidup juga dalam waktu 2 detik !

Jika pada saat layar ditutup ada banyak aplikasi yang running, maka pada saat layar dibuka aplikasi itupun masih ada dalam posisi terakhirnya.

Proses ini jauh lebih cepat daripada Vista/Windows Server 2008 yang memakan waktu 6 detik pada saat layar ditutup, dan 6 detik juga pada saat layar dibuka…

2. Compatible dengan Aplikasi Windows Vista

Yang kedua adalah Aplikasi Windows Vista (32 bit atau 64 bit) langsung bisa dijalankan di atas Windows 7 tanpa modifikasi…

Aplikasi yang saya jalankan sekarang adalah Microsoft Office 2007, LiveWriter, Yahoo Messenger, dan setumpuk aplikasi-aplikasi lain (Microsoft maupun non-microsoft).

3. Tampilan Desktop yang Baru

image   image  

Windows 7 memiliki desain desktop yang baru yang minimalis namun sangat indah dan fungsional. Ukuran jendela aplikasi akan berubah otomatis jika kita geser ke sudut tertentu, wallpaper yang bisa berubah-ubah, tray icon yang sangat informatif dan kaya dengan pilihan, dan lain-lain (musti coba sendiri karena terlalu banyak). Semua sangat menyenangkan untuk bekerja sehari-hari.

4. Thumbnail pada Taskbar

imageimage

Jika kita menggerakan mouse di atas taskbar, maka akan muncul gambar-gambar kecil (thumbnail) yang menggambarkan tugas-tugas di dalam kelompok tersebut, dan pada layar akan muncul gambar versi 1:1 nya.

Jika kita click kanan, akan muncul beberapa option untuk aplikasi atau thumbnail tersebut.

5. Wallpaper yang bisa Berubah-ubah

image

Wallpaper Windows 7 bisa diset supaya bisa berubah-ubah sendiri setiap sekian menit/jam dengan transisi yang sangat halus. Kita bisa memilih gambar apa saja yang ingin dijadikan wallpaper dengan cara memilihnya sendiri dari folder-folder yang kita telah tentukan sendiri.

6. LCD Projector yang langsung menyala

image

Windows 7 sangat responsif dengan LCD projector. Begitu kabel VGA ditancapkan ke soket di laptop, LCD projector langsung menyala menampilkan gambar dari laptop kita. Windows 7 mendukung multiple display, sehingga gambar yang di desktop bisa berbeda dengan yang ada di projector, atau bisa juga gambarnya sama, semua terserah kita.

7. Action Center

image

Action center merupakan pusat pemberitahuan yang dapat kita gunakan untuk mengatur segala macam pesan global maupun individual. Misalnya pemberitahuan adanya update baru, atau peringatan mengenai firewall yang lupa dikonfigur dan sebagainya. Fitur ini sangat memudahkan kita dalam mengatasi setiap permasalahan sistem, ataupun melakukan hal-hal yang direkomendasikan sistem.

8. Gestures

Teknologi yang dikandung Windows 7 mampu mengenali gerakan-gerakan yang kita lakukan dan menterjemahkannya menjadi perintah. Misalnya memperkecil semua window dengan suatu gerakan tertentu, melalui stylus/jari (bagi tablet-pc) atau mouse (bagi yang tidak punya fasilitas touch screen)…

9. Multi-touch

Ini juga merupakan fasilitas di dalam Windows 7 yang memungkinkan kita melakukan navigasi melalui jari jemari kita. Sangat nyaman jika kita memiliki tablet PC, karena PC akan bereaksi dengan setiap sentuhan jari di layar. Sayangnya fasilitas ini tidak bisa saya coba di laptop saya, karena hardware T61p belum mendukung sensor multi-touch :(

10. Library

image

Satu konsep baru di Windows 7 adalah Library, di mana kita bisa mendaftarkan semua folder ke dalam Library untuk memudahkan pencarian. Library ini bisa berisi folder lokal maupun yang external (misalnya USB flash disk) dan berasal dari jaringan. Kita juga bisa melakukan searching dokumen di dalam library dengan kata-kata kunci.

11. Home Network

Satu fitur Windows 7 yang sangat berguna adalah penyederhanaan cara komputer terhubung ke sebuah jaringan berikut konfigurasinya. Perangkat Windows 7, misalnya printer, dapat terhubung secara otomatis lengkap dengan settingnya melalui satu buah click saja.

12. Beberapa aplikasi bawaan

WordPad

image 

Wordpad sudah cukup lama ada di operating system Windows sebelumnya, tetapi kali ini tampilan WordPad berubah mirip sekali dengan Microsoft Office Word dengan ribbon user interfacenya. Selain itu WordPad kali ini bisa membuka dan menyimpan dokumen ke dalam beberapa format baru seperti : OOXML dan ODT.

Wordpad ini sudah sangat mencukupi kebutuhan mengetik dokumen-dokumen sederhana (yang mengandung bermacam-macam jenis font, format, sampai gambar-gambar dan bermacam-macam object dari aplikasi lain).

Paint

image

Paint sekarang sudah menjadi aplikasi untuk menggambar yang menyenangkan dan lumayan canggih. Kita bisa menggambar menggunakan bermacam-macam jenis media, seperti kuas atau pastel, dan hasilnya bisa sangat realistis (tentunya tergantung teknik menggambar kita). Paling baik menggambar dengan menggunakan tablet PC atau tablet/digitizer.

Windows Fax and Scan

image 

Windows 7 juga memasukkan aplikasi Fax dan Scan yang mampu mengirim/menerima fax, scanning dokumen/foto berwarna, termasuk melakukan fax dari dokumen yang discan. Selain itu bisa juga hasil penerimaan fax dikirim kembali dalam bentuk email atau disimpan ke dalam hard disk.

Math Input Panel

Jika anda sering menulis rumus-rumus matematika, maka aplikasi ini akan sangat membantu. Aplikasi ini akan menterjemahkan tulisan tangan anda menjadi huruf/text/simbol matematik/fisika yang bisa dipaste ke dalam dokumen anda.

Contoh di bawah adalah hukum Gauss dalam bentuk integral yang ditulis menggunakan mouse (lebih gampang dengan tablet PC atau digitizer) :

image

Windows Mobility Center

image

Ini adalah aplikasi yang sangat berguna untuk pengguna laptop. Aplikasi ini akan menunjukkan setting laptop yang paling umum melalui satu window saja : brightness, status baterai, wireless network, dan sebagainya. Pembuat laptop juga bisa memasukkan beberapa program kecilnya di sini.

13. Layanan Pelengkap

Microsoft menawarkan layanan tambahan melalui Windows Live. Situs ini memberikan beberapa aplikasi yang bisa diunduh dengan gratis, dan juga beberapa layanan yang juga gratis : SkyDrive yang memberikan storage gratis sebesar 25 GB, web based email, photo gallery, contact, calendars, dan sebagainya.

7 comments:

Tony Anwari said...

Membaca tulisanmu telah membuat saya "terangsang" untuk segera mendownload OS ini. Namun, entah mengapa, untuk menyelesaikan sekitar 2.7 GB download harus saya jalani dengan rada jengkel. Proses download mengalami sekitar 3-4 kali putus sendiri. Untungnya ada download manager yang menjadi bawaan untuk acara download ini.
Download yang pertama saya minta NAS saya untuk melakukannya namun hanya sampai pada persentase ke 18 setelah itu berhenti dan ndak bisa di resume (padahal NAS saya ini capable to resume broken download).
Dan akhirnya, pakai cara lama, saya download pakai PC staff saya (agar lenovo 3000 N100 saya bisa saya pakai maen poker Texas Hold'em di cafe sambil cuci mata). Dan seperti saya bilang tadi, proses download itu tak mulus 100%.
Yang lebih menjengkelkan lagi, sewaktu saya konfirmasi ke ISP saya, mereka bilang, "itu yang tahu kantor pusat mas, kita disini hanya cabang".
Ya wes lah, yang penting saya bisa continue to further step. Burning !

Galactic24 said...

Ton,
terimakasih atas tulisannya. Artikel ini yang saya tunggu tunggu.
Tadinya saya kira Win7 itu lapar processor dan memory ternyata tidak. Jadi efisiensinya lebih tinggi. Bravo

Alex

Davy said...

Setelah install flash player 10, Browser (saya tes dgn IE bawaannya dan FF 3.0.3), lgs crash dan tidak bisa dipake lagi. Solusinya cuma uninstall flash player, apakah ini known issue? Oh ya saya pasang W7-32 diatas Xen 3

Tony Seno Hartono said...

Davy, saya install Adobe Acrobat reader & Adobe Flash player untuk Vista, dan semua berjalan dengan baik di Win 7 64 bit (jalan langsung di atas laptop, tanpa virtualisasi)...

Mungkin ini adalah issue spesifik karena anda jalan di atas Xen ? Coba anda click "send feedback" dari Windows 7...

Davy said...

Halo Pak Tony, saya udah coba ubah2 xen conf-nya dll tp tetep saja crash, mau coba lgs di physical machine tp ga ada mesin yg nganggur, anyway saya sudah kirim feedbacknya. Btw ngomong2 virtual PC 2007 udah support W7? VMware 5.5 saya virtual ethernet drivernya ga dikenal sama si W7 hehehe.

Tony Seno Hartono said...

Virtual PC 2007 SP1 bisa dipakai, menurut url ini : http://blogs.msdn.com/virtual_pc_guy/archive/2009/01/13/windows-7-on-virtual-pc-on-windows-7.aspx

nggak-com said...

pak mau tanya gimana ngubah browser kita dari 64 bit ke 32? karena kalau pakai flash player pasti langsung crash, konon harus diubah ke 32 bit playernya. thanks atas jawabannya