Sunday, August 31, 2008

Parallel Computing dengan Manycore

Keampuhan ramalan Gordon Moore, yang seringkali disebut sebagai Hukum Moore hampir mencapai ujungnya ketika para pembuat chip sudah tidak bisa lagi meningkatkan kecepatan dengan cara mengecilkan ukuran transistor. Sampai kemudian ditemukan terobosan arsitektur baru di mana kecepatan sebuah chip bisa ditingkatkan dengan cara menambahkan jumlah core (otak komputer) secara paralel di dalam sebuah kemasan.

Note : Intel bahkan kemudian membuat terobosan lain yaitu membuat transistor berukuran sangat kecil mendekati ukuran atom, sehingga kombinasi jumlah core dan miniaturisasi transistor kembali memperpanjang usia ramalan Gordon Moore !

Selamat datang pada dunia perhitungan paralel !

Jika diibaratkan dengan makhluk hidup, maka sebuah komputer sekarang sudah memiliki beberapa otak sekaligus yang masing-masing saling bekerja sama membagi tugas. Otak ini disebut sebagai ‘core’.

Dual Core

Jadi sekarang anda tahu kalau melihat spesifikasi komputer yang memiliki prosesor ‘dual core’ , itu artinya dia memiliki dua otak yang paralel. Pada umumnya komputer untuk keluarga masa sekarang ini memiliki dua otak dalam satu kemasan prosesor seukuran perangko (atau lebih kecil)…

Multicore

Di kalangan industri jumlah otak komputer malah bisa lebih dari itu (bisa 4, 8, atau lebih). Dan sistem seperti ini disebut sebagai sistem Multicore, yang menggunakan banyak core yang sejenis.

Jumlah otak yang multiple ini mengandalkan sistem operasi jenis baru, seperti Windows Vista misalnya. Windows Vista adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft (sebuah perusahaan pembuat perangkat lunak).

Mesin dengan dual core dengan memory yang cukup (misalnya 2 GB) akan berjalan lebih cepat dengan Windows Vista daripada dengan Windows XP. Ini karena Windows Vista memiliki arsitektur yang siap untuk menangani mesin dengan banyak core.

Manycore

Microsoft bahkan sudah mengantisipasi sistem yang lebih canggih lagi daripada multicore yang disebut manycore.

Kalau multicore memiliki banyak core yang sejenis (biasanya 8 atau kurang), sistem manycore memiliki lebih banyak core dan bisa tidak sejenis (biasanya lebih dari 8 core).

Sistem operasi Microsoft akan menggabungkan semua core menjadi sebuah prosesor gabungan yang sangat cepat. Diperkirakan sistem manycore ini akan memberikan kekuatan proses antara 10 sampai 100 kali lipat dalam beberapa tahun mendatang. Namun untuk mencapai hal ini diperlukan perubahan dari sisi aplikasi. Pengembang aplikasi harus mulai dibiasakan menulis program yang bisa berjalan secara paralel.

Aplikasi Masa Depan

Sistem manycore sendiri akan membuka banyak aplikasi-aplikasi baru seperti :

  • Komunikasi secara virtual 3D kita bisa masuk ke dalam dunia virtual dan bertemu dengan lawan bicara kita juga dalam bantuk virtual dan kemudian kita bisa saling berkomunikasi
  • Memperbaiki interaksi antara murid dan guru dalam cara belajar yang revolusioner di mana semua institusi pendidikan di seluruh dunia bisa digabungkan menjadi satu, dan sistem bisa menganalisa pola belajar, mengawasi kemajuan, dan membuat kurikulum yang sesuai
  • Simulasi 3D yang sangat cepat dan akurat untuk meningkatkan keselamatan di dalam daerah yang terkena bencana, sehingga kita bisa melakukan tindakan yang lebih tepat sebelum benar-benar terjun ke lapangan
  • Munculnya aplikasi-aplikasi bisnis baru yang lebih baik, misalnya di pemodelan bidang keuangan, dan model untuk perancangan produk

No comments: