Sunday, August 31, 2008

Hidup di jaman Miniaturisasi

“Transistor” merupakan penemuan spektakuler di awal abad 20 ini. Nama ini dipilih dari sekian banyak nama yang diusulkan (semiconductor triode, surface state triode, crystal triode, solid triode, iotatron, dan transistor) pada 28 Mei 1948. Sesuai dengan bentuk fisiknya, benda ini memang memiliki 3 buah kaki…

Akhirnya nama Transistor yang merupakan singkatan dari beberapa kata akhirnya terpilih dan menjadi kosa kata dalam bahasa Inggris… ;)

image

Perkembangan Transistor

imageTransistor pertama yang bisa digunakan dalam industri bentuknya tidak beraturan seperti foto di sebelah kiri. 

Fungsi dari transistor sendiri sangat sederhana, yaitu sebagai saklar on/off atau sebagai pengatur laju arus listrik (seperti keran air). Transistor dapat diterapkan di banyak peralatan elektronik seperti saklar, amplifier, radio, televisi, ataupun komputer.

Di dalam perkembangannya transistor mengalami banyak perkembangan dari sisi pemilihan bahan (germanium/silicon/atau kombinasi beberapa bahan), bentuk fisik (bulat, silinder, lonjong), dan ukuran (besar, kecil)….

Perkembangan paling ekstrim terjadi pada penerapan transistor sebagai otak komputer… Di sini transistor hanya menjalankan fungsi logika 1 atau 0 saja, jadi cukup berfungsi sebagai saklar. Gabungan beberapa transistor akan membentuk bermacam-macam fungsi dasar teknik digital seperti penjumlahan, perkalian, kebalikan, dan sebagainya.

Tahukan anda bahwa sekarang sudah ada perangkat komputer berukuran sebesar telapak tangan, bisa dikantungi, memiliki otak digital berukuran sebulir nasi dan didalamnya terkandung setidaknya 47 juta transistor ?

Teknologi memang luar biasa. Saat ini (th 2008), manusia sudah bisa mengkerutkan ukuran transistor menjadi seukuran beberapa atom saja. Jika saja perangkat tadi dibuat dengan menggunakan teknologi tahun 1948 maka ukurannya mungkin akan sebesar sebuah kota !

Hukum Gordon Moore terus berlanjut !

image

Jika prediksi Moore (co-founder Intel) terus berlanjut, maka ukuran otak komputer itu akan terus menyusut menjadi separuhnya setiap sekitar dua tahun …. bisa dibayangkan betapa semakin kecil dan sigapnya komputer di masa yang akan datang. Komputer-komputer itu akan mampu menjalankan banyak aplikasi yang semakin canggih seperti :

  • Bercakap-cakap langsung dengan manusia
  • Mengenali orang dari wajah, suara, atau gerak-geriknya
  • Pengganti supir atau pilot
  • Membuat film animasi langsung dari perangkat kamera portable
  • Membuat model 3D yang lengkap dari bumi dan alam semesta
  • Membuat ramalan yang lebih tepat tentang cuaca dan semua gejala alam
  • Menjadi dokter bedah yang sangat akurat
  • dan sebagainya

No comments: