Wednesday, January 28, 2009

Windows 7 : Memanfaatkan Resolusi Tinggi LCD Monitor di Laptop untuk Kenyamanan Mata Anda

Salah satu fitur Windows 7 yang sangat berguna untuk saya adalah membuat apa yang terlihat di layar lebih besar. Saya menggunakan setting “Larger 150%” untuk membuat tampilan yang sangat halus namun mudah dibaca di layar laptop T61p milik saya.

Laptop T61p ini memiliki resolusi native 1920 x 1200, suatu resolusi yang terlalu tinggi untuk saya, karena membuat font terlihat begitu kecil di layar. Selama ini saya selalu menurunkan resolusi layar untuk mempermudah mata saya (yang sudah minus ini)….

Namun fitur perbesar tampilan 150% dari Windows 7 ternyata mampu memperbesar semuanya secara proporsional sambil tetap memaintain pada resolusi asli, menjadikan semua objek di layar tampil dengan sangat halus dan detail !

image

Di bawah ini adalah tampilan layar pada 150%, terlihat bahwa meskipun menggunakan resolusi native (1920x1200) semua object terlihat sedang, dan mudah dibaca.

image

Jika kita perhatikan, baru terlihat betapa halusnya setiap objek (icon maupun font) yang ditampilkan. Lihat di bawah untuk ukuran 1:1 di layar komputer saya :

image

No comments: