Monday, January 12, 2009

Software + Services

Software + Services merupakan fenomena industri. Software + Services merupakan gabungan teknologi antara software yang terpasang di sisi client/server dengan di sisi awan (cloud/services) untuk mencapai sinergi dan keluwesan luar biasa yang tidak bisa dicapai hanya melalui individual komponen saja.

Dan salah satu pendorong Software + Services ini adalah merebaknya layanan web dan internet.

 image

Microsoft memanfaatkan fenomena ini untuk memperkaya softwarenya dengan layanan-layanan Internet.

Penawaran Microsoft ini sangat unik di dunia industri, karena hanya Microsoft yang mampu menawarkan sebuah model Software + Services yang membentang dari ujung ke ujung tanpa terputus.

Windows Azure

Windows Azure merupakan Cloud Services Operating System. Windows azure mudah dikembangkan dan sangat terintegrasi dengan Visual Studio (aplikasi pengembangan standard dari Microsoft). Windows Azure dihosting di Data Center milik Microsoft.

image

Windows azure terdiri dari tiga layer :

  1. Layer pertama (paling bawah) adalah foundation services, yang terdiri dari data center, infrastructure, dan layanan2 compute, basic storage, dan management
  2. Layer kedua terdiri dari developer services yang terdiri dari komponen-komponen yang bisa diprogram menggunakan layanan standard web
  3. Layer ketiga (paling atas) adalah layanan final untuk para pelanggan

 

Referensi : Azure Service Platform

No comments: