Monday, January 7, 2008

Pengalaman menghidupkan GPRS dan 3G Indosat Matrix Auto

Waduh, tadinya saya pikir gampang ganti SIM dari Telkomsel HALO ke Indosat Matrix Auto. Ternyata lumayan alot, sampai hari ini (5 hari) smartphone saya masih belum bisa buat browsing. Di bawah ini beberapa point yang saya dapatkan selama ini :
  • Server untuk memberikan setting OTA super sibuk, saya harus mencoba berkali2 untuk mendapatkan konfigurasi otomatis lewat OTA. Akhirnya setelah berkali2 failed (sepertinya server overloaded !!), saya mendapatkan setting otomatis untuk yang GPRS, sedangkan setting untuk 3G sampai saat ini tidak pernah bisa diterima
  • Telpon customer service ke 111 sangat tinggi availabilitynya, dan kita tidak harus mendengarkan semua interactive voice prompt, karena kita bisa bypass dengan menekan 1-1-9 untuk menuju customer servicenya langsung
  • Customer Service Indosat sangat sopan, dan sangat sabar (salut kepada Indosat yang berhasil mendidik personilnya untuk bersikap sangat sabar, impactnya sangat positif untuk pelanggan yang melakukan complain). Setiap call juga ada recordnya, jadi bisa dilacak sampai ke mana progressnya.
Saya pikir ini adalah masalah di dalam Indosat, karena telpon yang saya pakai ini berjalan dengan sangat baik dengan nomor dari Telkomsel. Dugaan saya adalah karena nomor yang saya pakai ini termasuk sangat baru (nomor 0855-xxx), mungkin beberapa konfigurasi di sisi Indosat masih belum fine tuned untuk nomor yang ini (tapi ini hanya perkiraan saya loh, customer service Indosat sendiri tadi berjanji menyelesaikan masalah ini dalam 3x 24 jam).

Apa yang bisa diperbaiki oleh Indosat
  • Computing : Pasang server yang lebih powerful (misalnya dengan cluster atau load balancer) sehingga server tersebut mampu menampung seluruh permintaan konfigurasi otomatis dari semua pelanggan baru
  • Updated Data : Update semua data handphone yang supported, terutama sekali jika handphone tersebut berasal dari vendor terkemuka, dan letakkan cara konfigurasi manual di web site yang gampang ditemukan (misalnya bisa ditemukan dengan cara mengetikkan "indosat matrix auto nokia e61i ota" di google atau mengetikkan "matrix auto nokia e61i ota" di web site Indosat)
  • Workaround : Informasikan bagaimana cara konfigurasi manual jika OTA tidak berhasil (misalkan karena server OTAnya mati)
  • Sophisticated Call Center : Pasang call center yang agak canggih, sehingga bisa melihat caller id si pemanggil. Kalau sekarang ini kita harus menyebutkan seluruh nomor telpon kita, padahal mustinya nomor ini nongol di display customer service secara otomatis. Sebuah call center yang canggih, akan mampu mengeluarkan nama dan history dari si pengguna handphone begitu si pengguna tersebut menelpon CS

No comments: