Tuesday, August 19, 2008

Gaya Presentasi One Slide menggunakan menggunakan “pptPlex”

Microsoft Office Labs bereksperimen dengan pptPlex yang bisa didownload di sini.

pptPlex merupakan plugin yang dipasang pada Microsoft PowerPoint 2007 yang memungkinkan kita tampilkan seluruh slide PowerPoint 2007 ke dalam satu halaman (One Slide) utuh, dan kita bisa zoom atau berpindah2 secara mudah. Keuntungan presentasi model ini adalah kita bisa tunjukkan flow presentasi ke user dengan sangat mudah, dan kita bisa lompat-lompat ke slide yang manapun tanpa mengikuti flow PowerPoint yang kaku.

Setelah pptPlex diinstall pada PowerPoint 2007 anda akan dapatkan menu baru seperti di bawah ini :

image

pptPlex memungkinkan kita membagi presentasi ke dalam beberapa section seperti di bawah ini :

image

Setiap Section nantinya akan dikelompokkan ke dalam cell2 kosong yang ada di Canvas Background (yang akan digunakan di sepanjang presentasi anda).

Beberapa contoh screen capture (btw., di bawah ini hanya sekedar presentasi contoh saja, jadi banyak cell2 yang kosong….) :

Tampilan pada saat show :

image
Tampilan pada saat cell #1 didoubleclick :

image

Yang ini tampilan pada saat tombol PgDn atau next atau slide tertentu diclick

image
Yang ini tampilan tadi dizoom (menggunakan doubleclidk atau “+” atau roda pada mouse) :

image

Btw., anda juga bisa ubah2 atau customize tampilan awal untuk lebih memperjelas flow dari presentasi anda, misalnya dengan beberapa builtin canvas background di bawah ini :

image

Atau jika anda pilih yang custom, maka anda akan bisa mulai dengan lembaran kosong dan anda bisa kutak-katik sesuka anda. Misalnya menambahkan gambar background, menyusun section, resize dan sebagainya…. Di bawah ini contoh hasil kutak-katik saya (yg saya lakukan dengan waktu sekitar 2 menit….) :

image

Dan ini hasilnya kalau dishow akan sangat representatif, dan anda bebas mulai presentasi dari manapun, tinggal didoubleclick saja. Dari sepintas melihat, audience juga langsung tahu flow dari presentasi anda :

image

Dengan cara ini anda bisa dengan lebih mudah menjelaskan pada audience anda mengenai apapun dan dengan cara yang sangat luwes :)

Nah, selamat melakukan presentasi dengan gaya baru, semoga semakin sukses !

2 comments:

Reza said...

Ini masih relevan gak sih kalo dipakai sekarang?

Tony Seno Hartono said...

Pak Reza, teknik ini dulu berlaku di MS Office 2007. Sangat efektif. Tapi saya sudah lama tidak bisa menggunakannya lagi, karena saya sekarang pakai MS Office 2013 (2 versi di atas MS Office 2007), dan kebetulan PPTPlex tidak bisa berjalan di versi yg saya gunakan ini. Namun di MS Office 2013 dg Windows 8 Tablet, kita bahkan bisa lebih enak lagi presentasi krn bisa dinavigasi langsung pakai jari dan bisa dicoret2 pakai stylus langsung...