Monday, August 10, 2009

Teknologi Microsoft Windows Server 2008 R2 untuk meningkatkan derajat hidup rakyat

Biaya hidup di Indonesia sangat mahal.

Buktinya ? Untuk bekerja di kota besar (terutama Jakarta) saja biayanya sudah mahal. Mungkin bisa >20 % dari penghasilan hanya dibakar dijalan dan menghasilkan polusi dan panas menyengat. Belum lagi bagi yang pekerjaannya selalu mondar-mandir, misalnya profesi sales, mungkin lebih dari separuh hidupnya ada di tengah2 kemacetan jalan.

Situasi efisiensi yang buruk ini ternyata bukan monopoli transportasi saja. Bahkan sudah umum diketahui masyarakat bahwa di Indonesia ini, semua urusan lancar asal ada uang… Kalau tidak ada uang, hmmmm….. Pengurusan KTP yang teorinya bisa selesai dalam hitungan menit pada kenyataannya akan memakan waktu yang panjang (bisa beberapa minggu) kalau tidak disertai pelicin. Pengurusan SIM dan berbagai surat-surat lain juga sama saja. Bahkan untuk urusan yang sebenarnya untuk kepentingan pemerintah, seperti pembayaran pajak.

Coba saja anda jual beli properti yang melibatkan pembayaran pajak (untuk penjual dan pembeli). Anda tidak akan bisa menikmati sistem perbankan yang serba online. Anda masih harus berjalan ke sana kemari, mulai dari urusan dengan kelurahan, notaris, bank yang ditunjuk, kemudian ke kantor pajak, kembali ke notaris, dan lain sebagainya.

Jika anda pengusaha, pendirian perusahaan mulai dari nol juga akan memakan waktu berbulan-bulan. Di Indonesia biasanya akan makan waktu 6-7 bulan. Coba bayangkan seandainya kita bisa dirikan perusahaan dalam hitungan jam. Maka Indonesia akan menjadi surga pengusaha yang akan menarik banyak investor asing…

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya tidak sulit membuat suatu sistem yang serba cepat ? Sistem seperti ini mudah dibuat, dan biayanya juga tidak mahal, apalagi jika kita sadari bahwa betapa besar keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita bisa memiliki sistem pemerintahan yang bersih, transparan, cepat, dan akurat.

Semua ini membutuhkan suatu sistem komputer online yang disertai oleh transformasi di bidang birokrasi pemerintah.

Kalau jaman dahulu sistem seperti ini membutuhkan komputer mainframe yang berukuran raksasa yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Sekarang kita tidak lagi membutuhkan komputer mahal seperti itu. Bahkan selain mahal, komputer mainframe seperti itu juga membutuhkan ijin khusus dari pemerintah pembuatnya (pada umumnya Amerika Serikat) untuk mendapatkannya. Yah, memang kekuatan komputer yang luar biasa diperlakukan khusus seperti jual beli pesawat tempur…

Jaman sekarang ini kita hanya memerlukan komputer mikro yang barangnya bebas diperjual belikan. Komputer mikro ini ada yang khusus dibuat sebagai server, dan memang tahan untuk dihidupkan 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun, dengan pemeliharaan yang minimal. Menggunakan arsitektur multicore, komputer server mikro sekarang ini kekuatannya bisa melebihi mainframe terbesar jaman dulu.

Tahukah anda bahwa komputer-komputer canggih seperti ini juga bisa dirakit dengan mudah di Indonesia. Bahkan anak-anakpun remaja bisa merakitnya. Prosesnya sederhana, seperti merakit lego. Dan perakitan ini sebenarnya merupakan industri yang potensial juga untuk digali dan menghasilkan pemasukan pajak tambahan bagi negara.

Komputer rakitan anak-anak ini bukanlah komputer mainan, tetapi bisa juga digunakan untuk penggunaan serius di kantor, bahkan di data center !

Kekuatan komputasinya bagaimana ?

Jika laptop tercepat saat ini yang menggunakan CPU dual core, maka server bisa menggunakan CPU dengan 128 core. Ini artinya 64x lebih cepat untuk satu CPU saja. Nah server bisa memiliki banyak CPU di dalam satu kotak. Ada server yang bisa memiliki 32 CPU (artinya 32x 128 core) di dalam satu kotak berukuran kecil yang bisa diletakkan di bawah meja (tapi kurang nyaman karena suara kipasnya bising). Nah komputer server sekecil ini sudah memiliki kemampuan yang sangat besar asalkan diisi piranti lunak yang juga canggih dan berkapasitas besar.

Seperti halnya laptop, server juga menggunakan piranti lunak Microsoft Windows, hanya saja namanya bukan Windows XP atau Vista, tetapi adalah Windows Server. Edisi terbaru untuk Windows Server ini namanya Windows Server 2008 R2, merupakan sistem operasi luar biasa yang mampu mengekspoitasi kekuatan komputer modern dengan semaksimal mungkin. Komputer server dengan sistem operasi ini bisa dijejerkan dan dibuat bekerja paralel untuk mengerjakan pekerjaan raksasa, seperti simulasi gempa, tsunami dan sebagainya.

Nah, sekarang mulai jelas terbayang akan betapa pentingnya suatu sistem online yang powerful bukan ? Antara lain adalah membuat hidup di Indonesia lebih aman karena sistem peringatan dini terhadap berbagai bencana yang akan terjadi.

Kembali ke masalah pemerintahan yang bersih tadi.

Kita bisa dengan mudah membuat beberapa Pusat Data (Data Center) di beberapa wilayah di Indonesia. Di dalam Data Center itu kita bisa letakkan server2 dengan sistem operasi Windows Server 2008 R2 yang menjalankan aplikasi kependudukan.

Apa keuntungannya ?

  1. Pemerintah tidak membutuhkan lisensi khusus untuk mendatangkan server berotak Intel tadi
  2. Jika ada komponen yang rusak, kita bisa mendapatkannya di toko komputer biasa
  3. Jika komputernya kurang cepat, kita tinggal beli komputer lagi di toko
  4. Jika terjadi bencana alam sehingga data center di suatu kota rusak atau tidak bisa diakses, maka dengan infrastruktur jaringan yang sudah dimiliki Indonesia, maka data center yang lain segera mengambil alih
  5. Jika kapasitas hard disknya kurang, kita tinggal beli hardisk di toko komputer juga (btw hard disk sekarang murah, dan hard disk seukuran kantong sudah memiliki kapasitas untuk menyimpan data seluruh penduduk Indonesia)
  6. Pekerjaan sistem integrasinya akan memakan banyak tenaga kerja komputer (lumayan untuk mengurangi pengangguran di Indonesia)
  7. Sistem serba online seperti ini akan membuat pemerintahan yang transparan dan membuat biaya hidup di Indonesia menjadi lebih murah dan menyenangkan

Mahalkah sistem seperti ini ?

  • Kalau anda mahasiswa, semua sistem ini gratis, anda tinggal sediakan hardwarenya, nanti Microsoft akan memberikan piranti lunaknya dengan gratis
  • Kalau anda pengembang aplikasi, semua sistem ini harganya hanya US$ 100 untuk piranti lunak dan bimbingan 3 tahun
  • Kalau anda pemerintah, yah….. sistem seperti ini dijual, tetapi harganya juga affordable. Kalau pemerintah tidak punya uangpun ada skema pembayaran bagi hasil

Enak kan ?

No comments: