Friday, July 17, 2009

My House in Photosynth

Menurut Slate.Com Microsoft Photosynth adalah "The best thing to happen to photography since the digital camera."

Photosynth merupakan suatu teknologi yang akan mengubah kumpulan foto2 digital ke dalam bentuk 3D, sehingga akan jauh lebih mengesankan dibandingkan dengan melihat kumpulan foto biasa.

Photosynth menggunakan media visual yang baru. Photosynth akan menganalisa setiap foto, menemukan kesamaan dengan foto2 yang lain, dan menggunakan data tersebut untuk membentuk model di mana gambar tersebut diambil. Kemudian foto2 disusun ke dalam model tersebut untuk menghadirkan suasana sebenarnya dalam simulasi 3D.

Photosynth merupakan hasil kerjasama Microsoft dan Universitas Washington, berdasarkan riset Noah Snavely (UW), Steve Seitz (UW), dan Richard Szeliski (Microsoft Research).

Photosynth memerlukan instalasi aplikasi photosynth di PC, kemudian aplikasi itu akan melakukan upload ke website photosynth.net.

Hari ini saya mencoba melakukan percobaan dengan Photosynth. Saya mengambil 300+ foto rumah saya dari segala sisi (luar & dalam), kemudian saya proses dengan Photosynth.

Hmm percobaan pertama berhasil dengan baik, namun hanya 43% foto berhasil disusun :

image

Tapi hasilnya not bad…..

image

Lain kali akan saya coba, sampai berhasil menghadirkan rumah secara utuh….

No comments: