Tuesday, July 14, 2009

Menjadi Avatar di Dunia Maya – apakah ini langkah berikut dari evolusi manusia modern ?

Dunia maya menjadi semakin nyata. Dengan kemajuan teknologi ICT, sekarang suara, rupa, mimik muka, bahkan pulsa otak sudah bisa dikenali dengan semakin akurat oleh komputer, dan bisa digunakan untuk menggerakan avatar (sosok virtual kita di Internet) untuk memasuki dunia maya seolah-olah itu dunia nyata.

Benda-benda di dunia mayapun akan bisa dirasakan melalui sentuhan tangan dan aromanya…. Semua dimungkinkan dengan adanya kemajuan luar biasa di bidang teknologi.

Apa artinya ini ?

Dunia maya dan yang sebenarnya sedang melebur. Apa yang sebenarnya semu/maya bisa dirasakan secara realistik, dan apa yang real bisa diteleport menuju suatu tempat di universe ini dan dirasakan sebagai sesuatu yang nyata di ujung sana.

"Perjalanan waktu” juga dimungkinkan. Dengan menggunakan kacamata video 3D, headset stereo dan software emulasi, kita bisa menghadirkan candi borobudur lengkap dengan orang2 yang hidup di jamannya, pada saat kita berjalan2 ke Borobudur. Kita bisa sentuh candinya, kita bisa lihat juga orang2 yang sedang berkegiatan pada saat itu, kita juga bisa melihat kota di sekitar candi Borobudur di masa lalu dengan pepohonan dan sawah yang subur. Bahkan kicauan suara burung dan percakapan orang2 itupun dapat kita dengarkan.

Jika kita dilengkapi dengan perangkat penghasil bau2an, kita juga bisa merasakan wanginya gadis2 Borobudur pada jamannya…. (tentunya yang baru saja selesai mandi kembang…)

Atau kita juga bisa berjalan2 di tengah2 keramaian di jaman Romawi seperti di bawah ini :

image

Penerapan di dunia bisnis

Dengan teknologi tadi, kita bisa melakukan banyak hal. Misalnya mengadakan pertemuan bisnis secara virtual :

  • Kita bisa bercakap-cakap dengan lawan bicara kita yang terpisah jauh secara geografis sambil berjalan di pabrik baru yang masih berupa rencana. Kita bisa mendiskusikan apa saja, termasuk meraba pabrik baru tersebut, dan mengadakan perubahan2 rancangan secara instan. Semua begitu nyata, dan ada di sekeliling kita. Pertemuan bisnis bisa berjalan lebih efektif dan murah (karena menghemat biaya transport, menghemat waktu, dan sebagainya)
  • Kita bisa mengenali lawan bicara dari aroma parfumnya. Dan ini meningkatkan keintiman dalam berdiskusi (sesuai dengan penelitian bahwa aroma mempengaruhi otak kita). Bahkan kita bisa menjabat tangannya dan merasakan eratnya jabatannya
  • Kalau kita di bisnis makanan, kita juga bisa mengecap rasa jenis makanan2 baru yang disajikan…
  • Kita bisa mengenakan pakaian apapun, karena semua pertemuan ini dilakukan secara virtual, avatar bisa menggunakan pakaian apapun sesuai dengan keinginkan kita. Bahkan kita bisa mengubah penampilan kita menjadi lebih gagah atau cantik. Semua ini juga akan meningkatkan gairah dan semangat, juga memangkas biaya pembelian pakaian (dan juga operasi kerut wajah dan sebagainya)…

Apakah ini bagus atau jelek ? semua tergantung pada penerimaan masing2. Tetapi yang jelas, jaman baru akan tiba, dan mau tidak mau kita akan segera memasuki dunia maya dengan utuh, tanpa melalui keyboard dan mouse komputer lagi….

Beberapa bacaan online :

No comments: